parenting

Keren! Ayah Ini Buatkan Rumah Bermain 'Impian' untuk Putrinya

Asri Ediyati Sabtu, 30 Sep 2017 11:05 WIB
Keren! Ayah Ini Buatkan Rumah Bermain 'Impian' untuk Putrinya
Jakarta - Perkembangan otak mendesak anak berimajinasi dengan bebas. Nggak heran kalau banyak banget anak-anak perempuan yang suka main 'rumah-rumahan' alias rumah bermain. Mereka bebas bereksplorasi dan berimajinasi sambil mengarang sebuah cerita di dalam rumah bermainnya, Bun. Nah, seorang ayah dari Highland, Michigan, AS nggak tanggung-tanggung membuatkan rumah mainan untuk kedua putrinya. Kayak apa sih rumahnya?

Adam Boyd, ayah dari 2 orang putri, Avery (5) dan Violet (2), membuat sebuah rumah bermain di sela-sela waktu senggangnya sejak tahun lalu. Desain rumah bermain yang dibuat Adam bisa dibilang nggak biasa, Bun. Adam sendiri seorang pendiri bisnis renovasi perumahan, ATB Building. Wah, nggak heran ya kalau desain rumah mainan buat putrinya keren banget.

"Saya ingin melakukan sesuatu yang istimewa. Sesuatu yang akan mereka banggakan. Saya ingin suatu hari mereka mengatakan pada temannya bahwa ayah mereka membangun ini untuk mereka," kata Adam dikutip dari People.


Baca juga: Seperti Mainan, Rumah Super Mungil Ini Ternyata Dibangun untuk Manusia

Lantas, apa sih yang bikin rumah mainan buatan Adam ini beda dari rumah mainan lainnya? Di rumah mainan buatan Adam, ada fitur dinding panjat tebing, perosotan, jembatan, ayunan dan loteng. Alhasil, rumah tempat bermain Avery dan Violet terlihat seperti rumah sungguhan. Bagian dalam rumah dilengkapi dengan perlengkapan pencahayaan, lantai kayu, perlengkapan dapur, kursi dan sofa. Dindingnya dicat dengan warna ungu dan pink, girly banget deh pokoknya.

"Awalnya saya tidak terpikir bagaimana reaksi Avery dan Violet nanti. Saya tidak tahu apakah mereka akan menggunakannya atau apakah itu hanya akan menjadi kantor 'mini' untuk bisnis saya. Ternyata kedua putri saya sangat menyukainya. Hampir setiap hari mereka bermain di rumah mini itu. Avery dan Violet malah ingin mengadakan pesta minum teh dan dansa," ujar Adam.

Keren! Ayah Ini Buatkan Rumah Bermain 'Impian' untuk PutrinyaKeren! Ayah Ini Buatkan Rumah Bermain 'Impian' untuk Putrinya (Foto: Facebook/ ATB Building Inc.)


Adam bilang, ia dan istrinya juga sering pergi ke sana tiap hari. Adam dan istri sering main peran mengorder pizza dan Violet mengantarkan teh dengan kentang goreng. Duh, serunya! Kata Adam, dia merasa beruntung karena rumah bermain yang dia bikin membuatnya memiliki 'quality time' dengan kedua putrinya. Ia juga bisa mengajarkan skill-nya kepada sang anak.

Baca juga: Video: Wah! Lucunya Miniatur Perabotan Rumah dari Kardus

"Selama proses pembangunan rumah, Avery membantu saya dan ikut membuang sampah, menyapu, membawa kayu dan mengecat rumah. Untuk pengembangan rumah bermain selanjutnya, Avery mengusulkan untuk menambahkan flying fox di halaman belakang," kata Adam dikutip dari Today.

Adam mengunggah hasil karyanya lewat laman Facebook bisnisnya ATB Building dan mendapat respons positif serta jempol yang banyak. Selain itu, ada beberapa orang yang menanyakan bagaimana cara memesan atau membelinya. Reaksi para netizen membuat Adam kepikiran untuk membuka usaha baru untuk membangun rumah bermain.

"Jika kita berkeinginan untuk membuat rumah bermain untuk anak, lakukan saja. Banyak sekali manfaat dan pengalaman yang didapatkan, apalagi membuat rumah untuk anak kita sendiri," tutup Adam.

Bicara soal mainan anak, psikolog anak dari Tiga Generasi, Chitra Annisya MPsi., Psikolog, mainan anak mau yang mahal ataupun murah kalau orang tuanya nggak ikut bermain sama anak, nggak akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak.

"Selama menyenangkan untuk anak, itu bermain. Jangan lupa, saat bermain penting adanya kontak mata, sentuhan, interaksi. Lalu orang tua memberikan anak kesempatan memimpin atau memilih, nah orang tua mengikuti. Terus, hargai pendapat anak dan beri apresiasi," kata Chitra dikutip dari detikHealth.

Nah, sama kayak ayah Adam nih, Bun. Meskipun rumah bermain buatannya sangat 'bermodal', sebisa mungkin dia dan sang istri nggak membiarkan putrinya bermain sendirian. Sehingga, Adam dan istri bisa memakai rumah mainan itu sebagai sarana bonding dan tempat seru-seruan bareng anaknya. Wah, asyiknya! (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi