parenting

Kepuasan Saat Bunda Bikin Mainan Sendiri Buat si Kecil

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 10 Oct 2017 16:01 WIB
Kepuasan Saat Bunda Bikin Mainan Sendiri Buat si Kecil
Jakarta - Mainan anak ada yang bisa dibuat sendiri, namun ada yang memang harus dibeli. Kadang, kalau ada mainan yang bisa dibikin di rumah, kita buat saja sendiri ya, Bun. Hitung-hitung hemat budget, he-he-he. Eits, tapi jangan salah. Ada kepuasan tersendiri saat kita bisa bikin mainan buatan tangan kita buat anak, lho.

Misalnya aja bagi bunda dua anak, Uchy Widya, yang sudah dua tahun ini hobi bikin mainan kardus untuk si kecil yang berumur 3 dan 7 tahun. Kata Uchy, ketika dia bisa bikin mainan buat sang buah hati, ada kepuasan yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi, si anak nggak mempermasalahkan bentuk mainan buatan Uchy yang kadang nggak sempurna.

"Justru mereka nantang saya. Besok bisa bikinin mainan yang ini nggak. Di situ ada kepuasan tersendiri yang nggak bisa saya gambarkan. Apalagi, saya maininnya bareng sama anak, makin senang," kata Uchy.


Beda lagi sama bunda bernama Nindy. Kalau lagi weekend, Nindy sering membuatkan mainan buat anaknya. Contohnya aja pasir mainan dari tepung terigu atau topi hiu yang bisa dipakai buat baby shark dance. Hmm, memang apa kepuasan yang bisa dirasakan Nindy?

"Nggak bisa diungkapkan sama kata-kata. Bangga banget apalagi kalau saya lihat anak saya happy. Padahal bentuknya nggak bagus-bagus amat tapi saat dia memainkan itu dengan antusias, saya happy," kata Nindy.

Baca juga: Melatih si Kecil Agar Mau Meminjamkan Mainan ke Anak Lain

Bunda pernah merasakan hal yang sama kayak Bunda Uchy dan Bunda Nindy saat berhasil membuatkan mainan buat si kecil? Nah, kata psikolog anak dan keluarga dari Tiga Generasi, Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina, sebenarnya ada lima bahasa cinta yang salah satunya adalah membuatkan sesuatu untuk orang yang dicintai.

"Nah, sebetulnya saat kita bikinkan mainan buat anak itu ekspresi bahasa cinta kita buat anak. Jadi kalau orang lain bilang kita pelit, okelah ini kan bentuk penghematan, berarti kita cerdas dalam mengatur keuangan, he-he-he," kata Nina waktu ngobrol sama HaiBunda.

Ketika Bunda senang bukan main bisa membuatkan mainan buat anak meski nggak bagus-bagus amat, kata Nina itu wajar. Karena, mainan yang kita buat untuk anak adalah bentuk ekspresi rasa cinta kita buat si kecil. Nah, saat itulah kepuasan luar biasa bisa muncul soalnya mainan tersebut jadi salah satu bahasa cinta Bunda.

"Beberapa orang tertentu bahkan bisa meningkatkan penghasilannya karena berawal dari membuat mainan untuk anak, dia membuatkan juga buat teman anaknya. Bagus juga dong kayak gitu," tambah Nina.

Kalau Bunda, mainan apa yang pernah dibuat sendiri untuk si kecil? Gimana perasaannya, Bun, saat berhasil bikin mainan itu?

Baca juga: Seru Banget! Potret Anak-anak Saat Bermain di Alam (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi