sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Inspiratif Bocah dengan Down Syndrome yang Sukses Jadi Model

Amelia Sewaka   |   Haibunda Sabtu, 21 Oct 2017 15:03 WIB
Walau punya keterbatasan dengan down syndrome yang diidapnya, bocah ini tetap percaya diri. Bahkan, ia mampu jadi model lho. caption
North East Lincolnshire, Inggris - Bocah berumur 11 tahun bernama Joseph Hale ini memang punya keterbatasan. Ya, dia lahir dengan down syndrome. Tapi, Joseph membuktikan kalau dirinya bisa berprestasi.

Kini, Joseph jadi salah satu model merk pakaian anak di Inggris. Senyum besar Joseph bersinar terang di antara model muda lainnya dalam promosi salah satu brand pakaian anak. Karena lahir dengan down syndrome, penampilan Joseph membuat dirinya berbeda dari model lainnya. Tapi, itu nggak menghalangi Joseph untuk tetap percaya diri, Bun.

Orang tua Joseph, Andrew dan Karen Hale mengatakan Joseph yang juga mengidap dyspraxia dan keterlambatan perkembangan global seyogianya punya kesempatan sama seperti anak lainnya untuk berprestasi.


Baca juga: Kirana si Selebgram Anak PD Banget, Apa Resepnya Ya?

"Saya pikir ini akan mengubah pandangan orang-orang tentang mereka (anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas). Disabilitas seharusnya tidak menghalangi mereka untuk berprestasi," kata Karen, dilansir Telegraph.

Karen yakin, anak dengan disabilitas juga layak mendapat kesempatan menunjukkan dirinya di dunia. Untuk itu, para orang tua diharap Karen bisa memberi dukungan berarti untuk putra-putri mereka. Ya, karena anak disabilitas juga berhak 'tampil' kan, Bun?

"Ada banyak yang bisa dilihat dari seorang Joseph selain hanya wajah dan kebutuhannya. Joseph juga punya pemikiran, impian dan ambisi yang sama dengan anak tanpa down syndrome. Saya harap ini dapat mengubah persepsi dunia terhadap orang-orang yang memiliki down syndrome," papar Karen.

Joseph sendiri merasa senang ketika banyak orang yang kini mengenalnya bahkan ada yang mengajak we-fie. Murid di Cambridge Park Academy di Grimsby ini menambahkan, selama menjadi model, dirinya tetap bangga meski menyandang disabilitas. Bahkan, di studio pun Joseph nggak segan mengajak semua kru dan temannya menari.

"Sangat menyenangkan menjalani pemotretan dengan kue Jaffa, Batman atau mainan Smyths," tambah Joseph yang juga anggota the Zedebee Performing Arts Group di Britain's Got Talent beberapa waktu lalu.

Kepada Grimsby Telegraph, Direktur Zebedeus, Zoe Proctor mengatakan hadirnya Joseph bisa memberi perspektif dan hal baru di dunia fashion. Iya, Bun. Soalnya pada koleksi anak River Island plus Mini River, modelnya adalah anak umur 3-11 tahun. Mereka adalah bintang YouTube, anak-anak selebriti, juga anak dengan berbagai kemampuan.

Ketika anak memiliki kondisi yang nggak biasa, memang penting bagi orang tua menanamkan rasa percaya dirinya, Bun. Psikolog Rosdiana Setyaningrum yang akrab disapa Diana bilang cara mengembangkan rasa percaya diri anak berkebutuhan khusus, misalnya penyandang down syndrome prinsipnya sama seperti anak pada umumnya.

"Misalnya dengan melatih kemampuannya yang kita kembangkan, apa saja. Misalnya menggambar atau memasak. Lalu beri pujian. Ketika anak paham atas pujiannya, dia bisa yakin sama kemampuannya. Nah, secara otomatis rasa percaya dirinya akan berkembang," kata Diana, dikutip dari detikHealth.

Baca juga: Cara Agar Anak Tetap Percaya Diri Saat Namanya Dianggap Aneh (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!