parenting

Trik Fenita Arie agar Anak Nggak Malas Sarapan

Asri Ediyati Sabtu, 17 Feb 2018 07:00 WIB
Trik Fenita Arie agar Anak Nggak Malas Sarapan
Jakarta - Kadang, ada anak yang susah sarapan. Entah nggak sreg sama menunya atau sekadar malas. Kalau begini, bunda pun harus kreatif. Ya, kayak istri Arie Untung, Fenita Arie nih, Bun.

Ibu dari tiga anak ini mengaku momen sarapan itu penting banget bagi keluarganya. Lalu bagaimana sih cara ia mempersiapkan sarapan untuk putra putrinya terlebih supaya mereka semangat sarapan?

"Buat saya, pertama sarapan itu harus bernutrisi, kedua anak-anak itu butuh nutrisi kasih sayang. Karena momen di pagi hari itu mengawali hari untuk keluarga berkegiatan. Dengan sarapan, akan ada obrolan singkat penuh makna. Kita dan anak bisa saling sharing, serta saling mengingatkan apa yang mau dilakukan pada hari itu," ujar Fenita saat ditemui di acara energen Berbagi Sarapan Sehat, SD Negeri 01 Menteng, Jakarta, baru-baru ini.


Fenita mengaku, ia juga mengalami masa-masa saat anaknya jadi picky eater sehingga kadang nggak mau sarapan juga. Tapi, ia nggak membiarkan anak jadi picky eater, Bun. Makanya, Fenita Arie selalu membuat kreasi makanan bersama anaknya.

"Kadang kalau mereka bilang bosan dengan makanannya, saya ajak mereka untuk mengkreasikan makanannya, seperti membuat smoothies, kue bolu dan lainnya. Sebagai ibu, kita perlu kreatif dan pintar-pintar dalam membuat menu sarapan anak," ujarnya.



Fenita Arie juga bilang, terkadang ia memikirkan menu sarapan sejak malam harinya, mengingat Fenita sendiri adalah ibu bekerja. Atau, Fenita nanya ke anak-anaknya mau menu sarapan apa. Ya, memang kadang kita para ibu pusing juga ya, Bun, mikirin menu makan keluarga. He-he-he.

"Memang risiko saya sebagai ibu bekerja, tapi saya mau di pagi harinya itu nggak heboh dan terburu-buru menyiapkan sarapan makanya mikir menunya dari malam dan menanyakan menunya ke anak. Jadi membuat mereka lebih bertanggung jawab untuk menghabiskan sarapan. Selain itu saya juga memperhatikan nutrisi yang ada pada menu sarapan anak," tutur Fenita Arie.

Benar kata Fenita, Bun, sebagai ibu kita harus memilih menu makan untuk keluarga terutama anak dengan gizi yang seimbang dan penuh nutrisi. Nggak ada salahnya juga kita bertanya ke anak menu apa yang diinginkan sehingga mereka lebih bertanggung jawab untuk menghabiskan makanannya.

"Pokoknya sarapan jangan dibuat terburu-buru dan heboh sehingga anak dapat obrolan singkat dengan orang tuanya," tutup Fenita Arie.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi