parenting

Jangan Lupa 'Semangat' Ini Ya, Bun, Saat Ajak Anak Main di Luar

Amelia Sewaka Rabu, 11 Apr 2018 10:00 WIB
Jangan Lupa 'Semangat' Ini Ya, Bun, Saat Ajak Anak Main di Luar
Jakarta - Karena serba mudah dan serba digital, bukan nggak mungkin anak-anak jadi malas main di luar. Ya, saat semua kemudahan dan hal menyenangkan bisa disediakan oleh gadget.

Kalau anak sudah begitu lekat sama gadget, mereka umumnya memilih menghindari panas-panasan di bawah sinar matahari dan nggak mau keringatan. Hmm, harus putar otak nih agar kita pun semangat mengajak anak-anak main di luar.

Dr Seto Mulyadi SPsi MSi, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) bilang jika anak jarang main di luar dapat memengaruhi unsur emosionalnya lho, Bun. Selain itu kalau anak banyak gerak, pasti akan lebih sehat, kan?


Karena itu, Kak Seto, sapaan akrabnya, mengajak kita untuk ingat 'Semangat' agar terus termotivasi untuk ajak anak main di luar. Semangat yang seperti apa? Simak pemaparannya ya.



1. S = Sinar Matahari

"Dengan bermain di luar, anak mendapat cukup sinar matahari," tutur Kak Seto di tengah acara Konferensi pers Peluncuran Gerakan '#JamMainKita' untuk Anak Indonesia Sehat di Hotel Pullman Thamrin beberapa waktu lalu.

Kalau anak di rumah aja dan jarang terkena sinar matahari, tertunya nggak sehat juga ya, Bun. Anak akan melewatkan peluang mendapat vitamin D dari sinar matahari.

2. E = Emosi Cerdas
Jangan Lupa 'Semangat' Ini Ya, Bun, Saat Ajak Anak Main di LuarFoto: thinkstock

Anak yang sering bermain di luar akan lebih mudah menyalurkan emosi positifnya, jadi lebih gembira dan optimistis.

Sebaliknya, jika anak jarang main di luar dapat memengaruhi unsur emosionalnya karena anak-anak tidak biasa melampiaskan emosi-emosi positifnya.

"Misal, kalau mereka main di luar kan mereka gembira tuh dan jadinya teriak happy gitu. Tapi kalau jarang main di luar, perkembangan psikososialnya ikut berkurang, juga keterampilan bersosialisasi dan bertemannya juga kurang," papar Kak Seto.

3. M = Makan

Bunda pasti happy kalau tahu salah satu manfaat yang bisa didapat dari anak sering main di luar. Apa tuh? Dengan banyaknya waktu anak yang dihabiskan bermain di luar mereka bisa jadi lebih semangat makan lho.

Ini karena anak banyak bergerak ditambah dengan mood senang setelah selesai bermain. Alhasil makannya pun jadi lebih banyak.

4. A = Air

Nggak hanya makan yang makin banyak, tapi dengan banyaknya anak bermain di luar, anak juga jadi lebih sering minum. Saat cuaca terik dan anak baru selesai lari-larian, mereka pasti suka kalau diberi sebotol air tanpa rasa. Nah, kebutuhan air minumnya pun terpenuhi jadinya.



5. N = Nutrisi

Diharapkan dengan anak yang sedang semangat-semangatnya makan, Bunda bisa banget tuh manfaatin dan berkreasi masak apa aja. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan sayur dan aneka buah sehingga nutrisi anak tercukupi.

6. G = Gerak

Jika anak sering bermain di luar otomatis anak jadi banyak bergerak dan bisa mengurangi risiko obesitas ke anak.

7. A = Amal

Ketika bermain di luar anak akan beradaptasi baik dengan anak lainnya, juga terhadap lingkungan, sehingga meningkatkan keterampilan sosial dan psikososialnya. Tentunya, hal tersebut juga bisa meningkatkan rasa pedulinya terhadap sesama.

Setelah kepedulian pada sesama meningkat, anak bisa banget diajarkan untuk beramal. Beramal melalui hal-hal kecil juga bisa lho, misalnya hanya dengan melempar senyum pada anak-anak lainnya.

8. T = Tidur

Bermain di luar akan banyak menguras energi si kecil, jadi anak pun nggak mudah rewel dan bisa tidur lebih nyenyak. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi