parenting

Anak ke-3 Kate Middleton Jadi Bayi Pangeran Inggris Terbongsor

Asri Ediyati Selasa, 24 Apr 2018 17:01 WIB
Anak ke-3 Kate Middleton Jadi Bayi Pangeran Inggris Terbongsor
London, Inggris - Berita bahagia datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Pangeran William dan Kate Middleton menyambut anggota keluarga barunya, seorang pangeran cilik yang sampai sekarang masih dirahasiakan namanya.

Fakta menariknya, anak ketiga Duke and Duchess of Cambridge ini diyakini menjadi bayi pangeran dengan bobot lahir paling berat di Kerajaan Inggris setelah lebih dari satu abad, Bun.

Istana Kensington mengonfirmasi kelahiran yang sangat dinantikan yakni tepat setelah pukul 11.01 siang waktu setempat. Dilaporkan, anak ketiga Kate Middleton dan Pangeran William lahir dengan bobot 4,2 kg. Berat badannya diyakini paling berat dari berat pangeran lainnya yang tercatat dalam sejarah Kerajaan Inggris.

Pangeran George beratnya 4,1 kg ketika ia lahir pada Juli 2013, Putri Charlotte memiliki berat 4 kg saat lahir pada tahun 2015 lalu. Kenapa anak ketiga Kate Middleton dikatakan cukup berat? Hal ini karena berat rata-rata bayi di Inggris adalah sekitar 3,5 kg, Bun, demikian dikutip dari The Sun.



Namun, sang pangeran baru bukanlah bayi terberat di kerajaan dalam beberapa tahun terakhir. Ya, karena predikat itu jatuh ke Savannah Phillips, putri cucu Ratu Peter Phillips yang beratnya saat lahir lebih dari 4,2 kg ketika ia lahir pada 29 Desember 2010.

Berikut ini berat badan para bayi pangeran kerajaan Inggris yang tercatat, Bun:

1. Anak ketiga Pangeran William dan Kate Middleton (belum diberitahu namanya), lahir 23 April 2018: 4,2 kg

2. Pangeran George (lahir 22 Juli 2013): 4,1 kg

3. Peter Phillips (lahir 15 November 1977): 3,7 kg

4. Pangeran Charles (ahir 14 November 1968): 3,6 kg

5. Pangeran Andrew (lahir 19 Februari 1960): 3,5 kg

Terkait, berat badan bayi saat lahir, menurut dr Hari Nugroho SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Soetomo Surabaya, di Eropa dan Amerika berat bayi normal yang di kandungan 37-42 minggu adalah 2,5 sampai 4 kg.

"Walaupun di Indonesia beberapa menggunakan kesepakatan berat bayi yang normal yaitu 2,5-3,5 kg. Berat badan bayi saat lahir juga dipengaruhi banyak faktor," terang dr Hari dikutip dari detikHealth.

Faktor tersebut antara lain nutrisi ibu saat kehamilan, penyakit yang menyertai saat kehamilan seperti keracunan kehamilan (preeklampsia atau darah tinggi karena kehamilan), penyakit jantung, dan infeksi. Penyakit yang menyertai kehamilan dan infeksi bisa menurunkan nutrisi bayi saat dalam rahim sehingga berat lahir bayi lebih rendah dari angka normal.

Sedangkan penyakit diabetes karena kehamilan justru meningkatkan berat bayi dibanding normalnya. Faktor lamanya janin dalam rahim dikatakan dr Hari jelas sangat memengaruhi berat janin. Acuan standar berat janin normal adalah sebagai berikut:

- Usia kehamilan 20 minggu berat janin 500 gram
- Usia kehamilan 28 minggu berat janin 1.000 gram
- Usia kehamilan 31 minggu berat janin 1.500 gram
- Usia kehamilan 34 minggu berat janin 2.000 gram
- Usia kehamilan 37 minggu berat janin 2.500 gram

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi