sign up SIGN UP search


parenting

Tentang Anak-anak yang Lupa Aturan dan Nggak Disiplin Saat Libur

Nurvita Indarini   |   Haibunda Senin, 18 Jun 2018 09:33 WIB
Kumpul bareng sepupu-sepupunya saat libur kok bikin si kecil lupa aturan dan nggak disiplin ya. Hmm gimana menyikapinya ya? caption
Jakarta - Selama ini kita selalu menanamkan disiplin dan kebiasaan yang baik pada anak. Misalnya nih, anak nggak bebas main gadget dan nggak sembarangan makan makanan kemasan. Tapi di libur seperti sekarang ini, anak berkumpul dengan sepupu-sepupunya dan 'lupa' kebiasaan yang ditanamkan.

"Ketika bertemu dengan saudara-saudaranya dengan perbedaan pola asuh, perlu dijelaskan kepada anak, memang ada perbedaan. Tapi ada hal-hal yang dapat ditoleransi selama liburan, untuk meningkatkan kebersamaan," ujar psikolog Aurora Lumban Toruan saat ngobrol dengan HaiBunda.

Tapi kita sebagai orang tua perlu mengupayakan agar tidak terlalu banyak perubahan. Jadi misalnya yang terkait hal-hal utama, seperti kegiatan rutin makan dan tidur dalam liburan mungkin ada perubahan-perubahan, namun sedapat mungkin tidak terlalu melenceng.




Sementara untuk hal-hal berbeda yang dimiliki atau diperbolehkan oleh orang tua masing-masing, dijelaskan dengan singkat bahwa orang tua memang mau membentuk kebiasaan baik dan sehat pada anak. Saat anak mengakses gadget lebih banyak dari biasanya, tentu kita perlu tetap memberikan batas-batas waktunya.

"Untuk itu orang tua perlu membuat perencanaan akan alternatif atau hal-hal yang mau dilakukan selama liburan, membawa mainan, perlengkapan olahraga (renang, bola, bulu tangkis) yang bisa digunakan bersama dengan saudara-saudaranya, termasuk film-film keluarga atau anak yang bisa ditonton bersama," papar Aurora.



Orang tua juga bisa memberikan penjelasan-penjelasan secara personal pada waktu sebelum tidur atau ketika sedang makan bersama tentang alasan kita menerapkan aturan dan kebiasaan baik pada anak. Bila terpaksa memberi penegasan, tahan diri untuk nggak memarahi saudara atau keponakan yang mempengaruhi anak.

Nah, sebaliknya kita bisa memberikan alternatif dan menegaskan kepada anak bila waktunya sudah habis untuk bermain atau mengakses gadget. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!