sign up SIGN UP search


parenting

Libur Panjang, Jangan Lupa Jaga Si Kecil dari COVID-19 Saat Wisata

Abu Ubaidillah Kamis, 22 Oct 2020 17:47 WIB
Family with kids in face mask in shopping mall or airport. Mother and child wear facemask during coronavirus and flu outbreak. Virus and illness protection, hand sanitizer in public crowded place. caption
Jakarta -

Liburan panjang akan segera tiba, tepatnya pada 28 Oktober - 1 November 2020. Jika Bunda ingin mengajak si kecil keluar rumah dan menghabiskan waktu melakukan hal-hal seru di tempat wisata, jangan lupa protokol kesehatan ya, Bun!

Sebelum memutuskan mau liburan ke mana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Bunda sesuai saran yang diungkapkan oleh Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc berikut.

1. Hindari Percikan Droplet

Percikan droplet atau air liur harus dihindari saat berbicara, sebab penularan virus Corona bisa terjadi dari itu. Oleh karena itu, Bunda harus selalu mewajibkan si kecil memakai masker dan menghindari kerumunan agar tidak terpapar COVID-19.


2. Pilih Lokasi Wisata yang Tidak Ramai


Sebagai langkah berikutnya untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan, Bunda bisa memilih untuk berlibur ke tempat wisata yang tidak terlalu ramai. Tempat wisata yang tidak ramai akan memudahkan Bunda, si kecil, dan keluarga untuk menjaga jarak.

3. Perhatikan Status Zonasi Lokasi Wisata

Kemudian, Bunda juga harus memperhatikan status zonasi lokasi wisata yang akan dituju. Apakah statusnya hijau, kuning, oranye, atau bahkan merah. Cara mengetahui status zonasi lokasi ini bisa dengan cara menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat.

4. Pilih Lokasi Wiasta Outdoor

Disarankan juga untuk memilih lokasi liburan di tempat wisata yang terbuka, misalnya pantai atau pegunungan. Hindari lokasi wisata di dalam ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara.

5. Pastikan Kondisi Fisik Sehat

Sebelum memutuskan berangkat liburan, Bunda juga perlu memastikan si kecil dalam kondisi fit. Bila kondisi fisik bermasalah, sebaiknya tunda perjalanan jauh dan carilah hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau.

"Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus memakai masker yang melindungi hidung dan mulut. Menjaga jarak agar saat berbicara sedikit droplet keluar. Tetap saling menjaga jarak sehingga tidak terkena. Dan yang juga penting untuk mencuci tangan pakai sabun," kata Tri seperti yang dilansir dari situs covid19.go.id, Kamis (22/10/2020).

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan Bunda pada saat ingin mengajak si kecil liburan. Tetap ingat selalu kampanye #IngatPesanIbu untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Kampanye oleh Satgas COVID-19 ini digaungkan guna mengajak agar masyarakat Indonesia selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan layaknya si kecil yang selalu ingat pesan Bunda.

(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi