parenting

Aturan Tidur Malam dan Siang yang Dianjurkan untuk Balita

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 28 Aug 2018 18:59 WIB
Aturan Tidur Malam dan Siang yang Dianjurkan untuk Balita
Jakarta - Penting banget bagi anak-anak mendapat tidur yang cukup dan berkualitas supaya pertumbuhannya optimal. Buat bunda yang punya anak balita perlu banget tahu aturan tidur malam dan siang yang dianjurkan dokter untuk balita.

dr Minerva Riani Kadir SpA dari RS Sari Asih Ciputat menyarankan anak baiknya tidur malam di bawah jam 9 malam. Ini mengingat growth hormone atau hormon pertumbuhan mulai aktif di jam 10-11 malam. Sehingga, kalau tidur anak terlalu malam, aktivitas growth hormone-nya berkurang.

"Otomatis pertumbuhan anak nggak optimal, termasuk tinggi badannya terganggu, nggak optimal," tutur dr Minerva saat ngobrol dengan HaiBunda.


Nah, setelah anak sudah biasa tidur di bawah jam 9 malam, perlu dipastikan juga mereka mendapat tidur malam yang berkualitas, Bun. dr Minerva bilang kualitas tidur malam bisa didapat anak ketika mereka sudah mencapai deep sleep. Makanya, penting banget buat orang tua memperhatikan apakah di tengah malam anak sering terbangun.



Kalau anak sering terbangun di tengah malam otomatis deep sleep-nya pun kurang sehingaa kualitas tidur malam si kecil nggak terlalu baik. Nah, sering terbangun di tengah malam kata dr Minerva banyak penyebabnya. Antara lain anak nggak nyaman dengan diaper-nya, sakit perut atau gelisah.

"Gelisah ini biasanya kadang ada pengalaman yang nggak mengenakkan dan terbawa sampai anak tidur. Misal dia mendapat perlakuan yang bikin nggak nyaman jadinya terbawa jadi mimpi buruk. Atau anak gelisah karena dia sedang sakit misalkan demam," tambah dr Minerva.

Supaya anak punya pola tidur malam yang teratur, dr Minerva bilang perlu ada pembiasaan dari orang tua. Sehingga saat usia balita tidur anak udah teratur di jam yang sama. Usahakan jangan saat liburan waktu tidur malam anak jadi mundur dan bangunnya pun lebih siang. Bila anak sudah mulai toilet training, pastikan juga dia sudah pipis sebelum tdiur atau di tengah malam anak hanya satu kali pipis.

"Kalau anak masih menyusu pastikan dia menyusu dulu sampai kenyang sebelum tidur. Lalu MPASI diberi 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur. Ini nggak instan ya, harus dibiasakan," ujar dr Minerva.

Nah, gimana soal tidur siang? dr Minerva bilang anak-anak butuh 2 sampai 3 kali tidur siang. Memang bagi anak di bawah usia 6 bulan mereka lebih sering tidur apalagi di bawah usia 40 hari. Tapi, saat usianya sudah di atas 6 bulan sampai 1,5 tahun anak umumnya butuh 2 kali fase tidur siang.

"Di atas 1 tahun satu kali tidur siang sudah cukup, durasi tidurnya sekitar 2 jam. Di atas 2 sampai 3 tahun rata-rata satu kali tidur siang. Durasinya perlu diperhatikan, kalau terlalu singkat khawatir nggak masuk dalam deep sleep yang memengaruhi kualitas istirahat anak, bukan growth hormone seperti saat tidur malam," papar dr Minerva.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi