sign up SIGN UP search


parenting

5 Manfaat Gunakan Lampu Tidur untuk Kesehatan Si Kecil: Bisa untuk Detoks Racun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 14 Sep 2022 21:00 WIB
Ilustrasi bayi tidur Ilustrasi manfaat lampu tidur/Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld
Jakarta -

Lampu tidur ternyata bukan sekadar alat penerang biasa, Bun. Karena lampu jenis ini ternyata bisa berperan penting dalam kesehatan anak dan keluarga.

Selain itu, lampu tidur juga sering menjadi salah satu unsur dekorasi agar dapat mempercantik desain interior kamar. Maka dari itu, tidak heran lagi jika sekarang ini terdapat banyak jenis serta model dari lampu tidur yang telah dijual di pasaran.

Untuk melihat lebih lanjut mengenai manfaat lain dari penggunaan lampu tidur ini berikut ulasan lengkapnya, Bun.


Banner Alat KontrasepsiFoto: HaiBunda / Novita Rizki

Manfaat lampu tidur untuk anak

1. Lebih meningkatkan kualitas tidur
Suasana yang lebih gelap serta remang-remang erat kaitannya dengan sebuah ketenangan. Kehadiran lampu tidur diketahui bisa menghasilkan suasana temaram yang membuat tubuh tidur dengan santai juga rileks. Dengan begitu, kualitas tidur Si Kecil pun akan lebih meningkat serta nantinya akan terbangun dengan lebih segar saat pagi datang.

2. Meminimalisir risiko muncul penyakit
Tidur dengan lampu yang menyala diketahui dapat menurunkan keinginan untuk memejamkan mata. Sehingga membuat seseorang sulit tidur dan antinya malah meningkatkan berbagai risiko penyakit. Mulai dari obesitas hingga penyakit mental misalnya depresi.

Bunda dapat meminimalisir risiko ini dengan penggunaan lampu tidur. Penggunaan lampu ini membuat paparan cahaya yang diterima tubuh Si Kecil lebih minim dan aman.

Agar ia semakin nyaman dalam penggunaannya, ajak Si Kecil memilih langsung jenis lampu tidur yang diinginkannya. Seperti Bunda tahu, lampu jenis ini sudah banyak model dan jenisnya untuk anak sehingga ia akan semangat dalam menggunakannya.

3. Menciptakan suasana yang hangat serta lebih nyaman
Cahaya lampu sendiri dapat dibagi jadi dua jenis, yaitu pertama cahaya hangat atau warm dan cahaya dingin atau cool. Biasanya lampu putih yang Bunda pakai di siang hari mempunyai jenis cahaya cool atau dingin.

Berbeda dengan lampu jenis itu, sebagian besar dari lampu tidur pun akan lebih memberikan cahaya kuning redup yang lebih hangat. Dengan demikian, suasana dalam kamar pun bisa terasa lebih hangat juga nyaman.

4. Dapat memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh
Tahukah Bunda jika tubuh manusia mempunyai jam biologis untuk suatu proses-proses tertentu? Salah satunya dengan proses detoksifikasi tubuh. Proses satu ini akan dilakukan oleh hati saat manusia sedang tertidur di malam hari.

Nah, dengan menggunakan lampu tidur pun akan menjamin Si Kecil dapat tidur lebih lelap dikarenakan suasana hati yang santai tercipta. Otomatis proses detoksifikasi tubuh bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

5. Mengurangi konsumsi listrik di malam hari
Mengurangi konsumsi listrik telah menjadi salah satu topik diskusi hangat mengingat kondisi Bumi yang semakin mengkhawatirkan. Bukan hanya agar dapat mengurangi biaya bulanan, lampu tidur tapi juga agar dapat membantu mengurangi dampak global warming. Mengingat lampu tidur hanya membutuhkan asupan listrik yang lebih sedikit daripada lampu yang biasanya. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video berikut mengenai rekomendasi merek pasta gigi anak yang dimulai dari harga Rp5.000.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!