parenting

Ini tentang Tiup Mulut Anak untuk Keluarkan Benda di Hidungnya

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 30 Aug 2018 09:13 WIB
Ini tentang Tiup Mulut Anak untuk Keluarkan Benda di Hidungnya
Jakarta - Saat tahu ada benda 'tersangkut' di hidung anak misalnya mainan blok atau benda kecil lainnya, sudah pasti kita panik ya, Bun. Nah, salah satu cara yang biasanya terpikir di benak orang tua adalah melakukan tiupan di mulut anak untuk mengeluarkan benda tersebut.

Dokter spesialis anak Dr Lisa Lewis sekaligus penulis 'Feed the Baby Hummus: Pediatrician-Backed Secrets from Cultures Around the World' mengatakan teknik yang sering disebut mother kiss ini memang kerap dilakukan orang tua. Pada dasarnya saat orang tua melakukan tiupan keras mulut anak maka akan ada dorongan di lubang hidung anak yang bikin benda yang tersangkut keluar.

"Sebagai catatan metode ini nggak bisa diterapkan untuk mengeluarkan ingus anak saat mereka pilek misalnya. Karena itu justru membuat perpindahan virus dari anak ke ibu lebih mudah," kata Lisa kepada Fatherly.


Bila prosedurnya tidak berhasil, kata Lisa biasanya objek memang nggak keluar tapi setidaknya sedikit keluar. Sehingga, akan lebih mudah untuk objek itu dikeluarkan. Lisa menjelaskan saat orang tua meniup dengan keras di dalam mulut anak, epligotis mereka akan menutup saluran udara sehingga memaksa napasnya ke arah lubang hidung.



"Dengan lubang hidung terhalang objek dan udara terpaksa keluar melalui lubang hidung anak maka benda tersebut dipaksa keluar. Ada sebuah penelitian di Kanada yang menunjukkan diterapkan pada anak usia 1 sampai 8 tahun, mother kiss ini bisa bekerja pada lebih dari 50 persen anak dengan risiko komplikasi yang sangat rendah," papar Lisa.

Meski begitu, Lisa mengatakan metode ini belum tentu 'diterima' oleh semua paramedis. Tapi bila Bunda ragu untuk mengeluarkan benda yang tersangkut di hidung anak, segera cari pertolongan ke paramedis terdekat ya.

Terkait teknik mother kiss ini, dr Marlyn Cecilia Malonda SpA dari Mayapada Hospital Tangerang, bilang teknik ciuman ibu memang bisa mengeluarkan benda asing dari hidung anak yang lebih kecil. Tapi kalau benda asing yang nyangkut di hidung bisa terlihat dan tampak pada ujung hidung bagian luar, maka kita bisa gunakan pinset datar untuk mengeluarkannya, Bun.

dr Marlyn menambahkan jika benda yang terjebak di hidung anak teksturnya cenderung cukup lembut akan lebih mudah keluar. Bila anak udah agak besar, kita bisa minta mereka bekerja sama untuk melesit hidungnya seperti sedang mengeluarkan ingus. Jadi, minta si kecil melesit hidungnya dengan kuat agar benda asing tersebut bisa keluar.

"Saat menghadapi situasi ada benda asing nyangkut di hidung anak, orang tua agar nggak panik. Lalu ingat, jangan pernah memasukkan jari atau benda apapun ke lubang hidung anak untuk mengeluarkan benda tersebut karena dalam keadaan panik bisa-bisa benda asing makin terdorong ke dalam rongga hidung," jelas dr Marlyn.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi