parenting

Syok! Rp37 Juta Habis Demi Keluarkan Sepatu Barbie dari Hidung Anak

Yuni Ayu Amida Kamis, 28 Nov 2019 15:00 WIB
Syok! Rp37 Juta Habis Demi Keluarkan Sepatu Barbie dari Hidung Anak
Jakarta - Seorang anak di Nevada, Amerika Serikat, memasukkan sepatu Barbie ke hidungnya. Hal ini membuat orang tuanya harus mengeluarkan biaya sampai Rp37 juta untuk mengeluarkan sepatu tersebut.

Seharusnya malam itu menyenangkan untuk Katy dan Michael Branson karena mereka akan menonton pertunjukan di Las Vegas. Tapi putri mereka yang berusia 3 tahun, Lucy, membuat kehebohan, ia datang ke kamar orang tuanya dengan terbatuk-batuk dan tampak tidak nyaman.


Ternyata, Lucy telah memasukkan sepasang sepatu boneka Polly Pocket berwarna pink ke hidungnya, satu di setiap lubang hidung. Orang tuanya kemudian meminta Lucy untuk bersin atau menghembuskan napas kencang dari hidung agar sepatu plastik itu keluar. Sayangnya, Lucy malah menghirup napas dan membuat sepatu tersebut masuk semakin dalam.


Katy kemudian menggunakan penjepit dan berhasil mengeluarkan satu sepatu. Tetapi sepatu kedua terlalu jauh untuk dijangkau.

Sang ayah, Branson lalu membawa Lucy ke pusat perawatan darurat terdekat. Petugas medis pun menyarankan untuk agar Lucy ditangani di ruang gawat darurat. Di sana, seorang dokter dapat melepas sepatu itu dalam waktu kurang dari satu detik.

Syok! Rp37 Juta Habis Demi Keluarkan Sepatu Barbie dari Hidung AnakSyok! Rp37 Juta Habis Demi Keluarkan Sepatu Barbie dari Hidung Anak /Foto: istimewa


Mereka pun lega dan kembali pulang. Serta merasa semua sudah beres, dan tak perlu ada yang dipikirkan lagi.

"Secara keseluruhan, itu adalah malam yang penting. Suamiku berhasil kembali, kita pergi ke pertunjukan, putriku baik-baik saja," kata Katy, dilansir People.

Sampai akhirnya, tagihan rumah sakit datang. Mereka kaget dan tidak percaya, karena total tagihan mencapai Rp37 juta. Dengan rincian Rp24 juta tagihan perawatan dan Rp13 juta biaya dokter.

Branson lalu menegosiasikan pengurangan tagihan dokter setengahnya dengan menyetujui untuk membayar dalam waktu 20 hari. Tetapi pihak rumah sakit St. Rose Dominican, Dignity Health menolak beberapa permintaan dan menjelaskan bagaimana mencapai total Rp24 juta untuk biaya gawat darurat.

"Tidak setiap situasi darurat adalah keadaan darurat," kata rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan melalui email.

Keluarga Branson masih berjuang untuk mendapatkan penjelasan terperinci tentang bagaimana Dignity Health menghitung tagihannya. Mereka hanya tidak pernah memikirkan sesuatu yang sederhana seperti mengekstraksi sepatu plastik dengan pinset akan mengeluarkan biaya sebesar itu.

"Harga semahal itu tidak masuk akal. Orang-orang harus lihat dan berkata, kenapa sampai Rp37 juta untuk mengeluarkan sepatu barbie dari hidung anak?" ketus Katy.

Belajar dari hal ini, ketika anak enggak sengaja memasukkan benda asing ke hidungnya, kata dr.Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A, dari Mayapada Hospital Tangerang, jangan dulu panik. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengeluarkan benda tersebut.

Jika benda itu terlihat dan tampak di ujung luar hidung, bisa gunakan pinset datar untuk mengeluarkannya. Untuk anak yang sudah agak besar, bisa minta mereka bekerja sama untuk menghembuskan napas kencang dari hidungnya seperti mengeluarkan ingus.

"Cara lainnya adalah memberikan ventilasi tekanan positif lewat mulut. Ini disebut juga mother kiss atau father kiss. Di sini, posisinya seperti proses ciuman dengan mengunci mulut anak dengan mulut kita, kemudian 'blokir' lubang hidung anak yang tidak tersumbat dengan jari," tutur Marlyn.

Kemudian tiupkan udara dengan tekanan yang cukup ke dalam mulut anak. Dengan begini, benda tersebut akan tertiup keluar.

Simak juga manfaat main pasir laut untuk anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi