parenting

4 Cara agar Anak Suka Makan Sayur

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 20 Sep 2018 18:58 WIB
4 Cara agar Anak Suka Makan Sayur
Jakarta - Saat anak suka makan sayur, hati bunda rasanya senang bukan main. Ya nggak? Soalnya selama ini ada tantangan tersendiri ketika orang tua mengupayakan berbagai cara agar anak suka makan sayur.

dr Priscilla Johanna dari Go-Dok menekankan selain dari buah, vitamin juga bisa didapat dari sayuran, jika memang anak suka makan sayur ya, Bun. Namun, bila anak nggak suka makan sayur ada beberapa tips yang bisa diterapkan yaitu:

1. Tunjukkan Sayur ke Anak


dr Priscilla bilang salah satu cara orang tua membuat anak suka makan sayur adalah tunjukkan pada anak bahwa sayuran rasanya enak banget. Cara ini membantu anak tertarik mencoba sayuran yang disuguhkan. Usahakan beri satu jenis sayuran dulu ke anak ya. Jadi dalam menyuguhkan sayur ke anak apalagi untuk pertama kalinya jangan dicampur-campur, Bun.



2. Beri Tahu Manfaat Makan Sayur

Menjelaskan bahwa sayuran sangat baik bagi tubuh bisa mendorong anak suka makan sayur lho, Bun. Tapi ingat, jangan pernah memaksa anak untuk mencoba sayur yang disuguhkan. Memberi tahu manfaat sayur buat tubuh juga bisa dilakukan ketika Bunda mengajak anak masak bareng. Untuk itu, jangan segan mengajak anak masak bareng ya, Bun.

4 Cara agar Anak Suka Makan Sayur4 Cara agar Anak Suka Makan Sayur /Foto: Instagram
3. Minta Anak Cicipi Sekali Saja Lebih Dulu

"Setiap kali makan dan anak tidak mau makan sayuran, suruh anak menggigit sayuran yang dia mau sekali saja. Usahakan supaya dia mau menggigitnya 1 gigitan saja dan mulai dengan sayuran yang memiliki rasa," tutur dr Priscilla dalam Live Comment HaiBunda 'Si Kecil Doyan Makan, Bunda pun Senang'.



4. Kreasikan Makanan Anak

Saran dr Priscilla, buat makanan menjadi lucu dan unik supaya anak mau makan sayur. Nggak masalah lho jika Bunda menambahkan bahan lain supaya mereka mau memakannya, misal tambahkan parutan keju di atas sajian sayur-sayuran yang dihidangkan.

"Kreasikan makanannya, tanyakan mereka mau makan apa dan jangan lupa beri pujian ketika anak mau makan sayur," tutur dr Priscilla. (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi