parenting

4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu

Asri Ediyati Selasa, 25 Sep 2018 11:55 WIB
4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu
Jakarta - Ketika mendengar yoga, mungkin kita semua berpikir bahwa olahraga tersebut hanya terbatas pada sebagian kalangan terutama orang dewasa. Padahal, olahraga ini juga bisa dilakukan anak-anak.

Seperti penuturan Deera Dewi, praktisi dan guru yoga Indonesia, yoga bisa dilakukan oleh siapa saja. Maksudnya, nggak ada batasan usia untuk melakukan yoga, anak-anak juga bisa, Bun. Untuk tahu lebih lanjut tentang yoga anak, berikut empat informasi yang disampaikan oleh Deera Dewi.

1. Bisa Dimulai dari Balita


4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu/ Foto: Thinkstock
Yoga bisa dimulai dari anak usia balita, tapi biasanya mereka melakukan yoga sambil bermain. Bukan jenis yoga yang harus meliuk-liukan badan itu, Bun, yang dilakukan. Satu hal yang perlu diingat, jika anak mau diikutkan kelas yoga, orang tua perlu ikut kelas yoga dulu.

"Yoga makin ke sini makin hits, tapi jangan jadikan ajang penitipan anak meskipun dari instrukturnya fine-fine saja," tutur Deera.

2. Dianjurkan Seminggu Tiga Kali
4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu/ Foto: instagram

Jika tertarik mendaftarkan anak ke kelas yoga, Deera menganjurkan untuk menjadwalkan anak seminggu tiga kali. Hal ini karena anak-anak kan memang tugasnya bermain jadi nggak perlu terlalu sering yoga.

"Maksimal banget durasinya 40 menit karena 20 menit pertama biasanya konsentrasi anak sudah buyar. Dibiarkan main dulu terus lanjut lagi," ujar Deera.



3. Seperti Sedang Bermain
4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu/ 4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu/ Foto: thinkstock

Jangan membayangkan pose yoga anak-anak itu serius seperti orang dewasa. Kata Deera, pose yoga anak-anak biasanya meniru gerakan binatang seperti anjing dan ular.

"Posenya lebih ke main-main saja. Misalnya lagi gaya kucing, yang penuh dengan visualisasi, pose gajah, pose lumba-lumba," kata Deera.

4. Memiliki Segudang Manfaat
4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu/ 4 Hal tentang Yoga Anak yang Perlu Bunda Tahu/ Foto: Hanna Pratiwi

Menurut Deera Dewi, yoga bisa meningkatkan kemampuan motorik anak, daya ingat dan fokus si kecil. Kemudian, anak jadi lebih kreatif dan lebih tenang. Hal ini sudah terbukti di penelitian, ketika anak yang ikut yoga dan nggak ikut yoga ujian sekolah, mereka yang melakukan yoga cenderung lebih tenang dan nggak gampang stres.

"Di yoga anak kan ada pose pohon berarti nggak bergerak. Nah kalau anak kecil kan suka nggak fokus, jadi disuruh diam pasti lari-lari. Kalau ikut yoga terus disuruh pose pohon, meski awalnya main-main nantinya akan disiplin dan meningkatkan fokus," tutup Deera.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi