parenting

5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik

Asri Ediyati Minggu, 07 Oct 2018 19:04 WIB
5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik
Jakarta - Mendorong seorang anak untuk tidur pada jam yang ditentukan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Anak-anak mengalami masalah tidur akibat bermain gadget sebelum tidur. Apalagi sekarang juga banyak orang tua yang membebaskan anaknya menggunakan gadget.

Dilansir detikcom, orang tua tak boleh mengorbankan pola tidur anak hanya untuk kesenangan sesaat mereka. Seperti kita tahu, anak yang kurang tidur cenderung berisiko mengalami kegemukan dan mengalami penurunan dalam prestasi akademik. Meskipun mungkin sulit untuk memberlakukan jam malam pada gadget, ada sejumlah cara yang bisa digunakan oleh orang tua untuk mencoba dan membantu anak-anak tidur nyenyak.

Dikutip dari The Independent berikut lima tips agar anak punya jadwal tidur yang baik.


1. Batasi Pemakaian Gadget

Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan memastikan bahwa anak-anak tidak menggunakan gadget tepat sebelum mereka pergi ke tempat tidur.

"Meskipun mungkin tergoda untuk membiarkan mereka memiliki beberapa waktu di depan TV atau iPad, cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat ini dapat berdampak negatif pada tidur anak, karena berdampak pada tingkat melatonin, hormon menginduksi tidur," ujar Neil Robinson, ahli tidur di Sealy UK.

Neil bilang, dengan menciptakan lingkungan bebas teknologi 30 menit sebelum waktu tidur anak, orang tua bisa membantu menciptakan zona ramah tidur.

5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik/ 5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik/ Foto: thinkstock


2. Atur Jadwal Tidur yang Ketat

Anak-anak kesulitan tidur nyenyak jika mereka tidur pada waktu yang berbeda setiap malam. Itulah mengapa penting untuk mengatur rutinitas malam dan pagi hari yang dapat mereka ikuti.

"Saya selalu mengatakan bahwa rutinitas adalah bagian paling penting dari gaya hidup anak-anak untuk membuat mereka tertidur. Dengan memberi anak jadwal tidur yang ditetapkan setiap malam dan membuat mereka sadar akan waktu yang mereka perlukan untuk tidur dan pada akhirnya akan menjadi kebiasaan," jelas Joy Richards, spesialis tidur di Happy Beds.

5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik/ Foto: thinkstock


3. Ciptakan Lingkungan Damai

Menciptakan lingkungan yang damai untuk anak adalah cara yang mendorong mereka untuk menggunakan imajinasi mereka sebelum tidur. Hal ini pada gilirannya akan membantu mereka hanyut dalam tidur yang tenang.

"Tanyakan kepada anak tentang liburan favorit atau tempat favorit mereka setelah dia nyaman di tempat tidur, lampunya mati dan kita akan meninggalkan ruangan. Ini akan membawa kembali kenangan indah dan perasaan positif," kata Dani Binnington, ahli kesejahteraan keluarga dan pencipta Healthy Whole Me.



4. Perhatikan Makanan yang Anak Konsumsi

Tidak disarankan bagi anak-anak untuk makan camilan manis sebelum tidur, karena ini dapat menyebabkan 'lonjakan' energi tiba-tiba. Tapi makanan manis bukanlah satu-satunya yang sebaiknya dihindari sebelum tidur. Menurut Joy Richards, ada kebenaran tentang mitos bahwa makan keju sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi yang buruk.

Selain itu, anak-anak disarankan makan camilan seperti roti panggang gandum, apel atau biskuit sekitar 45 menit sebelum tidur. Hal ini karena cukup mengisi perut sehingga anak nggak tidur dengan lapar atau terlalu bersemangat.

5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik/ 5 Tips agar Anak Punya Jadwal Tidur yang Baik/ Foto: thinkstock

5. Tempat Tidur yang Nyaman

Jika anak sering mengalami masalah dengan tertidur di malam hari, maka tempat tidur mereka mungkin jadi penyebabnya.

Jenis kasur yang dibutuhkan seorang anak untuk mencapai tidur malam yang nyenyak mungkin berbeda dari yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

"Banyak orang dewasa menikmati kasur dengan tingkat kenyamanan lembut atau menengah. Namun, anak-anak umumnya membutuhkan kasur yang lebih kuat. Ini karena tubuh membutuhkan dukungan ekstra saat mereka berkembang," kata Phil Lawlor, ahli tidur di Dormeo.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi