parenting

Rambut Bayi Rontok Normal Tidak?

Yuni Ayu Amida Senin, 08 Oct 2018 13:03 WIB
Rambut Bayi Rontok Normal Tidak?
Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, kadang ada rasa khawatir di benak bunda saat melihat rambut rontok bayi. Tapi, itu normal tidak sih, Bun?

Menurut Dr. Alan Greene, MD, dari Fakultas Klinis di Stanford University yang juga pendiri Health Internet Ethics (Hi-Ethics) kehilangan rambut adalah proses perkembangan yang normal. Ini tidak menjadi masalah selama kulit kepala dan batang rambut terlihat normal.

"Kehilangan rambut adalah proses perkembangan yang normal dan tidak menjadi masalah selama kulit kepala dan batang rambut terlihat normal," ujar Greene seperti dilansir Parents.




Alan mengatakan bahwa bayi memiliki pola rambut yang berbeda. Ada yang lahir dengan rambut tebal, tetapi ada juga yang lahir dalam keadaan botak. Selain itu, bayi memiliki dua jenis rambut di tahun pertama kelahirannya.

"Pada beberapa bayi, rambut pertama itu berhenti tumbuh sebelum yang kedua muncul, ini menyebabkan mereka terlihat botak, hal ini terjadi kadang sebelum kelahiran. Di sisi lain, pertumbuhan rambut kedua terjadi ketika rambut pertama rontok, namun ini tidak terlalu terlihat," katanya.

Dr Stephen Muething, MD, direktur layanan klinis Pediatri Umum dan Komunitas di Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kerontokan seperti ini memang terjadi pada banyak bayi. Hanya saja waktu penipisannya bisa berbeda.

"Ini bervariasi, baik sebelum melahirkan atau setelah lahir selama beberapa minggu pertama kehidupan," kata Stephen dilansir Babble.



Lebih lanjut Stephen menjelaskan, bahwa penyebabnya relatif tidak diketahui, namun mungkin saja hubungannya karena hormon atau keturunan. Sedangkan Alan mengatakan bahwa rambut rontok pada bayi ini bisa saja karena masalah gizi, seperti kurangnya protein atau zat besi.


Meski demikian, bunda tidak perlu terlalu khawatir dengan fenomena ini ya. Yang pasti, saat sedang mengandung bunda harus selalu makan makanan bergizi dan jaga kesehatan. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi