sign up SIGN UP search


parenting

6 Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi Anak

Safira Raudhatul Jumat, 26 Oct 2018 18:34 WIB
6 Jenis sayuran ini sebisa mungkin kita olah yuk, Bun, untuk si kecil. caption
Jakarta - Terkadang Bunda suka bingung nggak sih dan bertanya sayuran apa sih yang baik dikonsumsi anak? Ya, meskipun kadang anak susah banget diminta makan sayur ya, Bun.

Dilansir CNN Indonesia psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina bilang anak Indonesia umumnya memang susah makan sayur dan buah. Soalnya, ada pola pemberian makan yang keliru dari orang tua.

"Tiga contoh pola pemberian makan yang keliru pada anak-anak, yakni pola permisif atau tunduk pada kemauan anak, 'galak' atau diktator, serta acuh tak acuh. Kekeliruan pola ini menyebabkan anak semakin tidak suka buah dan sayuran," tutur Nina.




Kita memang mesti semangat supaya anak mau makan sayur, Bun. Jangan lupa, contohkan pula pada anak bahwa ayah dan bundanya pun suka makan sayur. Nah, untuk anak-anak, ada 6 jenis sayuran yang perlu banget Bunda olah untuk disajikan ke si kecil seperti dilansir Momjunction.

1. Sayuran kuning dan oranye

Sayuran berwarna kuning dan oranye kaya akan vitamin C dan A serta mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh. Sayuran berwarna kuning dan oranye misalnya bit kuning, wortel, dan labu.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kubis hijau, seledri, cabai hijau, selada dan kangkung memiliki enzim yang baik untuk tubuh guna membersihkan racun yang ada di tubuh.

Ilustrasi sayuranIlustrasi sayuran/ Foto: Shutterstock
3. Sayuran berakar

Sayuran berakar seperti kangkung, wortel, bit, lobak, dan seledri mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Akan lebih baik kalau Bunda memilih sayuran berakar organik.

4. Sayuran merah

Sayuran merah seperti paprika merah dan tomat bermanfaat membantu melawan radikal bebas. Sayuran merah juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta menurunkan risiko terbentuknya sel tumor.

Ilustrasi sayuranIlustrasi sayuran/ Foto: shutterstock
5. Sayuran putih

Sayuran berwarna putih seperti kembang kol, bawang putih, jagung kecil (putren) dan lobak, bermanfat mengurangi penyakit yang disebabkan ketidakseimbangan hormon.

6. Sayuran ungu

Sayuran ungu seperti bit dan bayam merah mengandung antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas dan membantu memperbaiki kesehatan otak juga jantung. Antioksidan dalam sayuran ungu juga membantu melawan inflamasi atau peradangan, Bun.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi