sign up SIGN UP search


parenting

Mainan yang Baik Untuk Anak Usia 0-1 Tahun

Safira Raudhatul   |   Haibunda Kamis, 01 Nov 2018 20:10 WIB
Mainan berikut ini baik banget diberi ke anak usia 0-1 tahun untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Bun. caption
Jakarta - Mainan memegang peran penting dalam tumbuh kembang anak. Nah, bagi anak usia 0-1 tahun, apa sih mainan yang baik diberikan supaya tumbuh kembang anak optimal?

"Bayi tidak bisa bermain merupakan hal yang tabu atau mitos, nyatanya anak bayi bisa bermain dan dapat mengambil apa yang diinginkannya," kata Amanda Gummer, psikolog anak, dikutip dari The Bump.

Nah, berikut ini mainan yang baik untuk anak usia 0-1 tahun, Bun:


Bayi baru lahir

Matras mainan. Dengan menggunakan matras anak dapat bermain dengan aman dan bisa belajar tengkurap. Usahakan di matras bayi ada alat pemutar musik ya, Bun. Alat ini berguna untuk bayi belajar mendengarkan aneka ragam musik yang bisa memiliki efek menenangkan dan menstimulasi pendengaran bayi.

1 Bulan

"Di usia 1 bulan bayi memiliki refleks yang mendorong mereka untuk memainkan tangannya seperti melambai," kata Rachel Coley, ahli terapi okupasi pediatrik.

Nah, Bunda mengajak anak bermain di matras dengan mainan yang bisa memicu rasa ingin tahunya. Permainan seperti kartu atau mainan dengan musik berwarna yang digantung di matras biisa mengajari anak warna-warna dasar. Saat penasaran dengan warna yang ada di sekelilingnya, anak secara nggak langsung akan menggerakkan kepalanya.

2-3 Bulan

Bayi usia 2-3 bulan bisa kita beri mainan gelang dengan manik-manik dan aksesori di sekelilingnya. Kalau di Indonesia biasa disebut kerincingan nih, Bun. Mainan kerincingan ini berguna untuk bayi belajar menggenggam. Kemudian, cermin mainan juga bisa diberikan supaya bayi belajar mengenali dirinya.

Ilustrasi mainan bayiIlustrasi mainan bayi/ Foto: Thinkstock
4-5 Bulan

Di usia ini bayi mulai belajar penyebab dan akibat. Jadi, jangan heran kalau si kecil mulai suka untuk menggoyang-goyangkan mainannya dan mencoba menggitnya. Beberapa mainan untuk anak di usia ini yaitu mainan berputar atau bergerak yang bisa diambil anak.

6 Bulan

Di umur 6 bulan, si kecil bisa Bunda beri buku berbahan katun. Jadi, kalau digigit sama anak cenderung lebih aman. Mainan cangkir yang dapat ditumpuk. Mainan ini bisa melatih koordinasi tangan dan mata bayi.

Atau, bisa juga cangkir dipakai sebagai tempat menyembunyikan mainan anak lainnya. Dengan begini, anak bisa berlatih mencari barang tersebut.

9 Bulan

Pada usia 9 bulan, bayi mulai menggunakan ingatan dan memahami instruksi sederhana. Contoh mainan yang yang bisa diberi di usia ini adalah kitchen set mini. Mainan ini berguna untuk mengeksplor keingintahuan bayi. Atau, Bunda bisa mengajak anak menjelajah area di rumah yang aman dan menunjukkan apa aja benda yang ada di sana.

Mainan lain yang bisa diberi ke anak adalah meja musikan di mana anak bisa belajar berdiri dan menekan aneka tombol musik.

Ilustrasi mainan bayiIlustrasi mainan bayi/ Foto: Thinkstock
1 Tahun

Di usia 1 tahun, mainan yang baik untuk anak yaitu mobil-mobilan atau sesuatu yang bisa mereka dorong. Dengan begini, anak bisa berlatih jalan dan mengeksplorasi lingkungan dengan lebih mandiri. Di usia 1 tahun, Bunda juga bisa memberi anak mainan balok berukuran besar. Permainan balok membantu anak mengasah motorik halus dan kasar.

"Anak yang suka bermain balok dapat mengembangkan konsep pecahan, bentuk, dan penghitungan saat menyusunnya. Anak dapat mengetahui bahwa benda-benda yang ia tumpuk dapat tidak stabil dan akan terjatuh. Sementara itu, balok yang disusun secara benar tidak akan terjatuh," kata MacDonald, pelatih guru taman kanak-kanak dan penulis 'Block Play', dilansir Parents.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!