parenting

Cerita Kahiyang Ayu tentang Rambut Anaknya yang Tebal

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 10 Nov 2018 15:57 WIB
Cerita Kahiyang Ayu tentang Rambut Anaknya yang Tebal
Jakarta - Beberapa waktu lalu, putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu mengunggah foto putrinya Sedah Mirah Nasution yang sedang digendong sang ayah, Bobby. Rambut Sedah Mirah yang tebal pun jadi perhatian netizen.

Nah, dalam Instagram Story-nya, Kahiyang Ayu cerita tentang rambut Sedah Mirah yang tebal, Bun. Kata Kahiyang, cukup banyak orang bertanya 'Kok bisa sih rambutnya Sedah Mirah tebal gitu.' Kahiyang menjelaskan bisa jadi itu karena rambut dia dan Bobby sudah tebal.

"Begitu aku tahu kalau hamil, ibu nyuruh aku minum air rebusan kacang hijau yang katanya bisa bikin banyak rambut. Percaya nggak percaya ya," tutur Kahiyang Ayu.


Dia menambahkan, kalau ternyata sudah potong rambut dan nggak kunjung tumbuh rambut si kecil, menurut yang Kahiyang dengar rambut si kecil bisa diberi minyak kemiri dan lidah buaya. Untuk minyak kemiri, kita perlu membakar kemiri dan menumbuknya. Nah, minyak yang keluar dioleskan ke kepala bayi. Kalau nggak mau ribet, kata Kahiyang kita bisa beli minyak kemiri yang sudah jadi.

Lalu lidah buaya, Bun. Kahiyang menuliskan, potong sedikit lidah buaya dan lendirnya dioeskan ke kulit kepala anak. Cukup 5 menitan sebelum mandi dan setelah itu cuci rambut bayi sekaligus dikeramasi.



"Tapi aku nggak tau ya gimana sama kondisi kulit kepala anak-anak. Soalnya kan tiap anak beda-beda, ada yang alergi dan sebagainya," tutup Kahiyang Ayu.

Bicara soal rambut bayi yang tebal memang ada beberapa hal yang dipercaya bikin rambut si kecil tebal antara lain seperti disebutkan Kahiyang Ayu, Bun, yakni minum air kacang hijau saat hamil, mencukur rambut bayi, mengoleskan minyak kemiri dan lidah buaya. Berikut ini penjelasannya:

Anak Kahiyang Ayu, Sedah MirahAnak Kahiyang Ayu, Sedah Mirah/ Foto: Instagram
1. Mencukur bikin rambut bayi tebal?

dr Sandra Darmawan SpA dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan bilang nggak ada literatur yang menunjukkan hubungan antara mencukur habis rambut bayi dan rambut yang bakal tumbuh lebat.

"Belum ada literatur yang membuktikan kalau dicukur habis, rambut bayi bakal jadi lebih lebat. Atau yang tadinya rambutnya halus, teksturnya jadi lebih kasar, warnanya lebih hitam, nggak ada," tambah dr Sandra.

Menurut dr Sandra, hitam nggak-nya dan lebat-tipisnya rambut anak ditentukan oleh faktor genetik dan lingkungan, lalu tergantung masing-masing individu.

Anak Kahiyang Ayu, Sedah MirahAnak Kahiyang Ayu, Sedah Mirah/ Foto: Dok. Istimewa
2. Minum air rebusan kacang hijau saat hamil bikin rambut bayi tebal

Menurut pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND, secara ilmiah belum ada bukti bahwa kacang hijau bisa melebatkan rambut. Namun demikian, secara nutrisi kacang hijau memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena merupakan sumber vitamin dan mineral alami.

"Rambut anak biasanya genetik, tidak ada pengaruhnya dengan mengonsumsi kacang hijau atau tidak," tutur Victoria dilansir detikcom.

Ia melanjutkan, kacang hijau cukup kaya akan nutrisi dengan protein dan vitamin, termasuk vitamin E. Asupan ini pun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan kandungan lemak tak jenuhnya baik untuk membantu perkembangan otak janin.

Kahiyang AyuKahiyang Ayu/ Foto: Instagram
3. Lidah buaya untuk suburkan rambut

Dikutip dari detikcom, sifat alkalizing pada lidah buaya dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu ia juga dapat membantu rambut menjaga air dan kelembaban.

Menggunakan lidah buaya ke rambut juga bisa membentuk lapisan pelindung terhadap polutan, sehingga rambut dan kulit kepala tetap segar dan terhidrasi. Sifat anti-inflamasi dan menenangkannya akan membantu mempertahankan kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe.

4. Minyak kemiri bikin rambut bayi tebal

"Kandungan lemak, vitamin B1, dan asam lemak pada kemiri dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut si kecil. Cara penggunaannya, tumbuk beberapa butir kemiri hingga minyaknya terekstraksi. Lalu, oleskan minyak tadi ke kulit kepala bayi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal," kata dr Jolinda Johary dari go dok.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi