parenting

3 Manfaat Anak Nonton Film Fantasi Seperti 'Fantastic Beasts 2'

Asri Ediyati Rabu, 14 Nov 2018 18:02 WIB
3 Manfaat Anak Nonton Film Fantasi Seperti 'Fantastic Beasts 2'
Jakarta - Hari ini (14/11), film fantasi 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald' dirilis di Indonesia. Film adaptasi novel karya JK Rowling ini sebelumnya telah menuai kesuksesan di 2016. Bagaimana tidak, penggemar merasa masih kurang dengan berakhirnya sequel film 'Harry Potter'.

Nah, nggak ada salahnya nih jika Ayah dan Bunda ajak si kecil nonton film fantasi seperti 'Fantastic Beasts 2' di akhir pekan nanti. Jika diambil sisi positifnya, ada keuntungan tersendiri bagi si kecil lho. Berikut tiga manfaat anak nonton film fantasi.

1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi


Membiarkan anak-anak menonton film fantasi, seperti 'Harry Potter' dan 'Fantastic Beasts 2' dapat membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas mereka. Hal tersebut telah diteliti oleh tim dari Universitas Lancaster Inggris.

Para peneliti menemukan anak-anak yang menonton adegan-adegan ajaib di film fantasi secara umum mendapat skor yang jauh lebih baik pada tes kreatif. "Film fantasi berfungsi untuk memperluas imajinasi anak-anak dan membantu mereka untuk berpikir lebih kreatif, " kata peneliti Eugene Subbotsky dikutip dari Toronto Sun.

3 Manfaat Anak Nonton Film Fantasi Seperti 'Fantastic Beasts 2'Manfaat Anak Nonton Film Fantasi Seperti 'Fantastic Beasts 2'/ Foto: Fantastic Beasts: The Crimes of The Grindelwald (warner bros.)

2. Mampu mengendalikan emosi

Menonton film fantasi dan mendengarkan dongeng nggak hanya mempersiapkan anak-anak untuk membuat keputusan moral. Dua hal itu akan mengajarkan mereka bagaimana menangani konflik dalam diri mereka. Psikolog anak Bruno Bettelheim percaya dongeng dapat membantu anak-anak dalam menghadapi kecemasan mereka, yang belum dapat dijelaskan.

"Dalam cerita fantasi, anak-anak sering menjadi karakter utama dan menemukan sosok pahlawan dalam diri mereka," kata Bruno dikutip dari Scottish Book Trusts. Untuk itu, menonton film fantasi bisa jadi salah satu cara anak mengendalikan emosi.

3. Meningkatkan kemampuan problem-solving

Mengutip dari Tutor Nerds, ketika anak-anak menggunakan dan mengembangkan imajinasinya, mereka sadar akan fakta bahwa ada lebih dari satu cara untuk memecahkan masalah. Dengan begitu, kreativitas dan imajinasinya terasah.

Seperti kita tahu, kreativitas dan imajinasi jadi keterampilan penting saat anak menjalani pendidikan sekolah dasar, menengah, dan tinggi. Akan ada begitu banyak masalah akademis dan praktis untuk dipecahkan dan imajinasi anak yang tinggi akan sangat membantu menyelesaikannya.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi