parenting

Lucunya Aksi Bhai Kaba Saat Belajar Menghafal Rukun Islam

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 15 Dec 2018 14:02 WIB
Lucunya Aksi Bhai Kaba Saat Belajar Menghafal Rukun Islam
Jakarta - Zaskia Adya Mecca menanamkan pendidikan agama sedini mungkin pada anak-anaknya. Istri Hanung Bramantyo itu, sampai mendatangkan guru ngaji ke rumah untuk mengajari anaknya mengaji.

Tak hanya Kana Syabilla dan Kalamadali saja lho, Bun, yang wajib belajar mengaji. Si Bhai Kaba pun sudah mulai dibimbing untuk memahami rukun Islam. Hal itu diketahui dari unggahan Zaskia di akun Instagram miliknya. Bocah yang hampir genap berusia tiga tahun itu, nampak memiliki cara tersendiri untuk belajar mengaji.

Dalam video singkat, nampak Kaba belajar menulis huruf hijaiyah. Dilanjutkan dengan menghafal rukun Islam. Sang guru ngaji, terdengar menyebutkan rukun Islam dengan cara menyanyikannya. Sedangkan Kaba tinggal menyebut kelanjutanya.



Kaba nampak lancar menyebut rukun Islam yang pertama adalah syahadat. Namun, Kaba kembali menyebutkan syahadat sebagai rukun Islam yang kedua. Setelah diluruskan oleh guru ngaji, Kaba kembali memberi menjawab jawaban yang benar pada rukun ketiga dan keempat, yaitu puasa dan bayar zakat.

Namun, dia mempunyai jawaban yang cukup mengejutkan ketika ditanya rukun Islam yang kelima. "Naik pesawat, breek breeek," jawabnya sambil menggerakan tangan menirukan gerakan pesawat terbang.

[Gambas:Instagram]

Mendengar jawaban Bhai Kaba, banyak netizen yang mengaku ikut tertawa. Seperti penuturan beberapa pemilik akun di bawah ini.

"Kok naik awat baaa hahahaha lucu bgt nih," tulis pemilik akun @nenden_h_poerwasasmita.

"Ya Allah kak dulu nyidam apaan sih punya anak bisa selucu aba sama kala," tulis akun @mualifa_nafiah.

Anak Bunda juga ada yang bertingkah selucu Bhai Kaba? Biarkan mereka belajar dengan cara yang menyenangkan ya, Bun. Tidak hanya belajar mengaji, materi di sekolah pun bisa disampaikan dengan cara bernyanyi dan story telling lho.

Melansir Raising Children, kegiatan membaca, bercerita, menyanyi akan mendorong perkembangan otak dan imajinasi anak. Menyanyi dipercaya sebagai kegiatan yang bagus untuk mengasah kemampuan baca sejak dini. Pada saat yang sama, anak akan merasakan happy karena diajak bernyanyi, tanpa sadar sedang diajari sesuatu.

Bunda atau guru dapat menciptakan lagu sendiri. Dari situ, anak akan mulai mengembangkan keterampilan berbahasa dari lagu yang sering dia dengarkan. Saat mendatangkan guru les ke rumah, bukan berarti Bunda bisa lepas tangan ya. Nyanyikan lagu tersebut setiap saat menjelang tidur, waktu mandi, di kereta api atau di mobil.

Saat anak biasa mendengar cerita atau lagu, mereka akan lebih bebas berimajinasi. Dikutip dari Bright Horizonz, anak-anak yang berusia di atas tiga tahun sudah tahu mengetahui hal yang nyata. Namun mereka menikmati kesempatan untuk membayangkan hal berbeda dan berpikir kreatif.

"Anak berusia 2,5 tahun memahami perbedaan antara yang nyata dan berpura-pura. Tapi, ketika mereka dalam mode bermain, mereka dapat melupakan perbedaan itu, atau menjadi tidak penting," ucap Susan Engel, Ph.D, penulis Real Kids: Creating Meaning in Everyday Lives.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi