parenting

Cara Tepat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Yuni Ayu Amida Kamis, 07 Feb 2019 07:06 WIB
Cara Tepat Menjemur Bayi di Pagi Hari
Jakarta - Menjemur bayi di pagi hari banyak manfaatnya, Bun. Salah satunya menyehatkan sistem saraf dan meningkatkan imunitas. Benarkah?

Dilansir Parenting First Cry, ada banyak manfaat menjemur bayi di pagi hari, di antaranya, bayi mendapat vitamin D, meningkatkan kadar serotonin dan insulin. Lalu, mempercepat pembekuan darah, mencegah penyakit kuning, serta membuat sistem saraf lebih baik dan meningkatkan imunitas.


Nah, setelah tahu berbagai manfaat tersebut, sebaiknya sebelum menjemur bayi, Bunda harus tahu juga teknik yang tepat. Jangan asal jemur saja ya, Bun.

Dikutip dari detikcom, dr Boy menjelaskan dalam tayangan dr Oz Indonesia Trans TV, ketika menjemur bayi, pilihlah tempat yang nyaman, yang ada sinar matahari tapi tidak banyak angin. Bisa juga di tempat yang teduh, tapi harus ada sinar mataharinya.

"Kalau terlalu banyak angin nanti bayinya rentan sakit," terang dr Boy.

Selain itu, sebaiknya buka seluruh baju bayi. Usahakan tubuh bayi terpapar sebanyak mungkin cahaya matahari. Untuk celana atau popok tidak masalah tidak dibuka. Sebab, semakin banyak terpapar sinar matahari, makin sehat bayinya.

Lebih lanjut, dr Boy menerangkan kalau saat dijemur, pakaikan kaca mata bayi atau sapu tangan untuk melindungi mata bayi dari sinar matahari. Serta lindungi juga kepalanya agar tidak terlalu panas.

"Daerah mata jangan langsung terkena sinar matahari, karena itu bahaya untuk retina bayi," tutur dr Boy.

Nah, yang paling penting saat menjemur bayi, diajak ngobrol bayinya, Bun, sambil sedikit dipijat. Ketika sudah 5 menit dan kelihatan hangat, bayi mesti dibalik agar tidak bagian dada saja yang kena sinar matahari. Bagian punggung juga perlu disinari untuk melatih otot tulang punggung agar kuat.

"Jadi dibalik sambil diusap sambil diajak ngobrol. Jadi jangan didiemin Bu, jangan sambil main hp," kata dr Boy.


"Satu lagi yang penting, kalau mau jemur sebaiknya sebelum mandi," tegasnya.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk menjemur bayi, Bun? Kata dr Hari Cheryl Sachs, dokter anak di Food and Drug Administration (FDA), waktu yang disarankan adalah pukul 07.30 - 08.30.

"Waktu tersebut memberi manfaat yang baik untuk kesehatan bayi. Sebaliknya, hindari menjemur bayi di antara jam 10.00 - 14.00 karena bayi dapat terpapar sinar ultraviolet yang tidak baik untuk kesehatan kulit," jelas dr Hari.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi