aktivitas

6 Tips Jitu agar Anak Mudah Tidur

Melly Febrida Selasa, 23 Okt 2018 - 20.02 WIB
Ilustrasi anak tidur/ Foto: thinkstock Ilustrasi anak tidur/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bunda atau Ayah ini udah ngantuk tapi anak nggak mau tidur. Duh, serba salah ya, Bun. Meski. begitu, kita harus tetap semangat. Nggak ada salahnya mencoba 6 tips jitu supaya anak mudah tidur.

Soalnya, tidur penting banget untuk anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh dan berkembang. Saat anak kurang tidur, kinerja mereka di sekolah, kondisi emosionalnya memburuk dan mereka lebih rentan terkena penyakit. Sebuah penelitian yang dilakukan Massachusetts General Hospital menemukan, ada kaitan kuat antara kurang tidur dan penurunan kemampuan anak-anak.

"Selain itu muncul masalah perilaku seperti anak kurang fokus, hiperaktif, mudah cemas, depresi, sering bermasalah dengan teman-temannya, agresif dan berulang kali melanggar aturan di sekolah," kata peneliti seperti dilaporkan Psych Central.

Nah, ketika anak susah tidur nggak ada salahnya Bunda mencoba enam tips ini seperti disampaikan Dr Meghan Holpuch di Sumovia Naturopathic Healthcare, dikutip dari Steamboat Today:

1. Buat rutinitas tidur

Anak-anak perlu dibiasakan tidur di jam yang sama. Kata Meghan, usahakan anak punja jadwal kegiatan seperti mandi sore, makan malam, sikat gigi dan tidur yang rutin. Dengan begitu, akan terbentuk pola dan di jam yang sama anak bakal mudah mengantuk deh, Bun.



2. Atur jam makan malam

Ingat ya, Bun, biasakan anak tidur setidaknya dua jam setelah makan malam. Ini agar sistem pencernaannya punya waktu cukup mencerna makanan dan tidur nyenyak sepanjang malam.

Ilustrasi anak tidurIlustrasi anak tidur/ Foto: thinkstock
3. Pilih makanan anak

Hindari makanan berkarbohidrat tinggi seperti pasta, roti, dan manisan sebelum jam tidur. Meghan bolang jika anak adalah pemilih makanan, pertimbangkan memberinya multivitamin vitamin B.

"Vitamin B dibutuhkan untuk sintesis serotonin dan melatonin, hormon yang diproduksi secara alami yang membantu tidur lebih cepat," kata Meghan.

4. Stop main gadget

Layar, tablet, dan video game tidak boleh digunakan setidaknya satu jam sebelum anak tidur, Bun, atau tidak sama sekali. Paparan sinar biru dari gadget menyebabkan otak menurunkan produksi serotonin dan melatonin.

5. Penataan kamar tidur anak

Pastikan nggak ada TV atau gadget yang merangsang anak untuk main dan menunda waktu tidur. Atur supaya suhu kamar sejuk dan bila perlu atur cahaya di ruangan jadi redup, Bun.

6. Pastikan anak beraktivitas fisik

"Pastikan anak terutama usia sekolah mendapat waktu beraktivitas fisik minimal 30 menit tiap hari. Memang, membuat perubahan itu sulit tapi pada akhirnya perubahan yang kita buat untuk anak-anak akan membantu mereka jadi individu yang lebih sukses di kemudian hari," kata Meghan.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi