parenting

Rambut Halus Tumbuh di Payudara, Gejala Kanker Bukan Sih?

Muhayati Faridatun Rabu, 13 Feb 2019 10:57 WIB
Rambut Halus Tumbuh di Payudara, Gejala Kanker Bukan Sih?
Jakarta - Sebagian Bunda mungkin sering bertanya-tanya, kenapa ya ada rambut atau bulu-bulu halus yang tumbuh di daerah payudara? Sebenarnya, apa penyebabnya dan membahayakan enggak sih?

Melansir Health Line, rambut tumbuh di payudara itu normal bagi semua jenis kelamin. Rambut enggak perlu dihilangkan kecuali dianggap mengganggu karena alasan estetika.

Bunda mungkin merasa risih dengan rambut yang tumbuh ke dalam di sekitar puting. Memang sulit merawatnya ya, tapi penting untuk menghindari infeksi di area tersebut.



Seperti dikatakan dr.Reisa Broto Asmoro, rambut halus di payudara tidak ada kaitannya dengan tumor ataupun kanker payudara. Ia memaparkan, kanker payudara merupakan kondisi abnormal dimana pertumbuhan sel-sel tidak normal.

"Biasanya akan tumbuh dimulai dengan adanya benjolan, rasa nyeri, atau getah bening membengkak," jelas Reisa, dalam program dr.Oz Indonesia Trans TV.

Dokter 33 tahun ini menegaskan, kalau kanker payudara, yang tumbuh bukan bulu. Tapi, menurut dia, kulit mengalami kerusakan seperti terlihat kemerahan, berkerut, payudara seperti tertarik ke dalam, atau muncul luka bahkan keluar cairan.


Dalam kesempatan sama, dr.Boy Abidin, Sp.OG (K) memastikan kalau tumbuh rambut halus di daerah payudara, sebenarnya enggak perlu takut. Ia menjelaskan, di usia pubertas, terjadi perubahan hormonal yang signifikan, salah satunya akan terlihat tumbuh rambut di sekitar payudara.

"Kalau tumbuh bulu-bulu di daerah payudara lebih karena perubahan hormonal. Biasanya, ini karena hormon androgennya lebih dominan," imbuhnya.

Boy menambahkan, hormon androgen merupakan hormon laki-laki yang terdapat juga dalam tubuh perempuan. Jadi, kata Boy, kalau hormon androgen lebih tinggi, rambut halus tumbuh enggak hanya di payudara, tapi juga di daerah tumbuh kumis, jambang, atau wajah berjewarat.

Nah, selain perubahan hormonal, Boy menjelaskan penyebab lain tumbuhnya rambut halus di daerah payudara yakni masa kehamilan, konsumsi obat-obatan, dan kegemukan.

Kalau saat hamil tumbuh rambut halus di payudara, Bunda enggak perlu cemas ya. "Saat kehamilan juga terjadi perubahan hormonal. Kalau ada, nggak usah khawatir karena setelah melahirkan akan normal kembali," ujar Boy.

Menurut dia, obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa memicu tumbuhnya rambut halus di payudara. Sedangkan orang gemuk, kata Boy, biasanya memiliki hormon androgen lebih tinggi.


[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi