parenting

Bunda, Simak 4 Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan

Ratih Wulan Pinandu Senin, 18 Feb 2019 15:05 WIB
Bunda, Simak 4 Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan
Jakarta - Bunda, bukan hal yang aneh ya kalau kita merasa ngantuk setelah makan? Setelah makan siang, banyak yang kesulitan menahan kantuk hingga jatuh ketiduran karena kekenyangan.

Beberapa orang mencoba menghentikan kebiasaan buruk itu, karena takut menjadi gemuk. Ternyata hal itu bisa disiasati lho, Bun, dengan beberapa cara yang diungkap dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), dalam program acara dr.Oz Indonesia Trans TV.

"Rasanya kaya nge-fly sliyut-sliyut ngantuk, karena setelah makan darah dan oksigen mengalir ke perut kita. Maka oksigen dalam otak akan menjadi lebih rendah dan menyebabkan ngantuk," ungkap Boy.


Di waktu bersamaan, dr.Aditya Surya Pratama menambahkan, tubuh membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi. Saat mencerna makanan, tubuh akan menghasilkan beberapa zat. Salah satunya glukosa yang nantinya akan menjadi sumber energi.

Glukosa yang terdapat dalam makanan, akan menjadi sumber kekuatan untuk digunakan beraktivitas.

"Orang bisa kerja, bisa olahraga karena glukosa atau energi yang diserap dari makanan tadi. Berbarengan dengan tadi, otak juga menghasilkan hormon yang dinamakan serotonin, melatonin dan endorfin. Zat yang membuat orang habis makan jadi ngantuk," terang Aditya.

Melansir Health Line, makanan yang masuk ke dalam tubuh diolah menjadi bahan bakar yang disebut glukosa oleh sistem pencernaan tubuh. Makronutrien seperti protein kemudian menghasilkan kalori ke tubuh kita. Sedangkan hormon cholecystokin (CCK), glukagon, dan amylin dilepaskan untuk meningkatkan perasaan kenyang, gula darah naik, dan insulin diproduksi untuk membuat gula darah masuk ke dalam sel yang digunakan untuk membentuk energi.

Bunda, Simak 4 Cara Mencegah Ngantuk Setelah MakanNgantuk setelah makan/ Foto: iStock
Sedangkan peningkatan hormon seretonin yang terdapat pada otak akan menyebabkan kantuk. Namun rasa ngantuk setelah makan bisa dicegah, Bun. Boy membagikan beberapa tips agar enggak ketiduran setelah makan. Langsung disimak ya!

1. Mengatur jam makan
Atur waktu makan menjadi tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore.

2. Kurangi makan manis
Mengurangi makanan manis dan karbohidrat tinggi, agar kerja tubuh tidak terlalu berat digunakan untuk mencerna makanan manis tadi. Sehingga pasokan oksigen di otak tidak semakin sedikit.

3. Kurangi porsi makan
Mencoba mengurangi porsi makanan, agar beban tubuh untuk mencerna tidak terlalu berat. Sebaiknya, disiasati dengan makan dalam porsi kecil, namun dalam waktu yang intens.

4. Banyak gerak setelah makan
Hindari kantuk dengan banyak melakukan gerakan setelah makan. Misalnya, berdiri dan melakukan aktivitas ringan. Jangan lari atau olahraga, karena hanya akan membuat tubuh semakin sakit.

5. Memperbanyak air putih
"Banyakin air putih, untuk membantu pencernaan tubuh jadi lebih baik dan mencegah asam lambung," pungkas Boy.



[Gambas:Video 20detik] (rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi