parenting

Saat Jokowi Ajari Anak-anak Tanggap Gempa

Amelia Sewaka Rabu, 20 Feb 2019 07:07 WIB
Saat Jokowi Ajari Anak-anak Tanggap Gempa
Jakarta - Belakangan, beberapa wilayah di Indonesia kerap dilanda bencana gempa. Seperti baru-baru ini, BMKG meminta warga waspada atas adanya gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,9 di Malang, Jawa Timur.

"Mengingat adanya peningkatan aktivitas kegempaan di selatan Malang ini, masyarakat diimbau tetap waspada. Melihat catatan sejarah gempa di Jawa Timur, kawasan selatan Malang memang sudah sering kali terjadi gempa kuat dan merusak," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, dilansir detikcom.

Tak hanya Malang, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,4 juga terjadi di Kecamatan Rampi, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter resminya, @infoBMKG, menyebut gempa tersebut terjadi pada Selasa (19/2/2019).

Melihat hal ini, Ppresiden ke-7 Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pun ikut andil agar masyarakat cepat tanggap terhadap gempa. Jokowi memulainya dari anak-anak SD Negeri Panimbang Jaya 1, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Saya meninjau simulasi program Taruna Siaga Bencana (Tagana) Masuk Sekolah sebagai pendidikan mitigasi bencana ini kemarin. Saya senang melihat para siswa yang tanggap mengikuti simulasi bencana, dan yang paling penting, pendidikan kebencanaan ini telah dimulai," tulis Jokowi dalam Instagram miliknya.



[Gambas:Instagram]



Jokowi menambahkan, sebagai negara yang terletak di kawasan cincin api, kita tidak pernah tahu kapan bencana datang. Diharapkan, pendidikan kebencanaan ini terus dilakukan terutama di daerah-daerah yang rawan bencana di semua provinsi.

Gempa memang bisa berdampak traumatis bagi anak. Ketika anak takut atau khawatir karena terjadi gempa, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menenangkannya, Bun.

[Gambas:Youtube]



Pakar parenting, Dr.Michele Borba bilang kunci membuat anak tenang ketika ada gempa adalah orang tua tetap tenang. Disampaikan Borba, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menenangkan anak ketika terjadi gempa bumi.

1. Jangan panik dan lakukan lebih banyak aksi.
2. Terima perasaan takut dan cemas anak.
3. Sampaikan cerita positif.
4. Batasi tayangan televisi soal gempa dan coba lebih banyak diskusi dengan anak.
5. Pastikan anak bahwa kita bisa tetap aman.
6. Temani anak tidur.
7. Ajak anak melakukan aktivitas rutin seperti biasa

[Gambas:Video 20detik]

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi