parenting

Trik Memilih Buku agar Anak Tertarik Membaca

Yuni Ayu Amida Jumat, 22 Feb 2019 12:30 WIB
Trik Memilih Buku agar Anak Tertarik Membaca
Jakarta - Menjadikan kebiasaan membaca buku pada anak sejak dini sangatlah baik, Bun. Tapi sebelumnya, kita harus membuat anak tertarik dengan buku agar dia mau membacanya. Nah, simak tips ahli ini ya.

Menurut pendongeng sekaligus pemerhati anak, Awam Prakoso, anak usia dini tertarik pada buku karena gambar yang ada di dalamnya. Ia memastikan, anak-anak memang lebih suka melihat bentuk atau visual daripada tulisan.


"Buku-buku untuk anak usia dini harus lebih banyak gambar daripada tulisan, semakin usia besar maka tulisan semakin banyak. Sehingga, anak-anak ini dimulai dengan kesukaan dulu," kata Awam, usai acara 'The Journey of Mobil Pustaka Pintar' di Gedung Teater Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Awam menyarankan, untuk mulai membiasakan anak membaca buku, buatlah mereka menyukai buku terlebih dulu. Caranya dengan memperlihatkan buku-buku dengan gambar atau visual yang menarik. Setelahnya, pelan-pelan ajari mereka membaca dengan menunjukkan kalau kita juga gemar membaca.

"Jadi, pembiasaan membacakan buku kalau tidak dimulai dengan kesukaan, maka ini akan berakibat tidak baik," jelas Awam.

Yang pasti, orang tua punya peranan penting dalam hal ini, Bun. Orang tua mesti bijak dan pandai mengambil hati anak agar anak mau memerhatikan orang tua saat ia diajari membaca.


"Kecintaan kita dengan dunia mereka, senang dengan dunia mereka, senang dengan anak-anak, itu poin pertama agar anak-anak mau memerhatikan kita," ucap Awam.

Saat membacakan buku cerita atau mendongeng kepada anak, Awam juga menyarankan agar tidak terlalu lama. Yang terpenting, intensitas atau seringnya, bukan lama durasinya. Sedangkan waktu yang tepat, sebaiknya saat senggang. Meski tidak ada waktu khusus, diharapkan tidak mengganggu waktu makan atau bermain.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi