parenting

Unik! Bunda Bisa Tiru Cara Cynthia Lamusu Ajari Anak Membaca

Yuni Ayu Amida Minggu, 24 Feb 2019 10:02 WIB
Unik! Bunda Bisa Tiru Cara Cynthia Lamusu Ajari Anak Membaca
Jakarta - Setiap orang tua pastinya punya teknik sendiri untuk mengajarkan anaknya membaca. Termasuk penyanyi Cynthia Lamusu yang punya cara unik dalam mengajarkan kedua anak kembarnya, Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra.

Istri Surya Saputra ini kerap membagikan momen keseruan belajar si kecil di akun Instagram @tatjanadanbima. Salah satu unggahan beberapa waktu lalu, wanita 40 tahun ini membagikan trik agar anaknya cepat pandai membaca, yaitu dengan tebak-tebak judul buku.


"Ga ada instruksi di bukunya harus menghapal judul buku-buku ini. Awalnya Mama Thia nya aja iseng ga sengaja tanya-tanya dan ternyata Tatjana bisa. Belakangan mamanya lagi-lagi dikasih kejutan sama Bima ternyata dia juga sudah hapal dan bisa," tulis Cynthia.


Lebih lanjut, Cynthia menjelaskan bahwa awalnya dia punya kebiasaan saat membaca buku harus membaca judul dengan jelas. Gunakan jari untuk menunjuk tulisan judul dan gambar apapun yang ada di sampul depan. Ia yakin, cara ini dapat membuat anaknya menyerap informasi dengan jelas secara audio dan visual.

Kemudian, setelah membaca isi buku, Cynthia juga membiasakan membaca secara interaktif. Artinya, tidak hanya sekadar baca, tetapi dia libatkan anak-anak agar masuk dalam cerita yang sedang dibacanya.

"Contoh ada gambar banyak kucing, minta mereka hitung, ada berapa jumlah kucingnya, atau ada warna apa aja itu kucingnya? Pokoknya buat pertanyaan yang bikin mereka jadi interest memperhatikan kegiatan membaca buku ini," tulis salah satu personil trio B3 ini.


Namun, sebelum masuk sesi membaca interaktif, tentunya Cynthia memberikan informasi dulu. Setelah itu, baru dia membuat pertanyaan untuk mengetes apakah info yang sudah disampaikan masuk di memori anaknya.

Diakui wanita kelahiran Jakarta ini, cara tersebut berhasil membuat kedua anaknya merasa tertantang dan senang. Apalagi, setiap mereka berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, mereka mendapat penghargaan berupa pujian dan pelukan dari sang mama.

"Kebiasaan membaca buku ini awalnya harus dibiasakan/dikondisikan setiap hari. Kalau untuk @tatjanadanbima saya usahakan min ada 3 kali waktu membaca buku mereka. Sekarang, alhamdulillah bangun tidur aja yang diambil pertama langsung buku bukan mainan." ucap Cynthia.

[Gambas:Instagram]


Nah, apa yang dilakukan Cynthia Lamusu ini sejalan dengan pendapat penulis buku, Maman Suherman. Menurut dia, orang tua punya peranan penting agar anak suka membaca buku. Membaca di sini bukan hanya mengeja kalimat ya, Bun. Tapi, membaca di mana anak bisa menemukan makna yang terkandung dalam bacaan tersebut.


"Bukan cuma baca. Tapi menyimpulkan dan menceritakan kembali apa yang sudah dibaca," kata Maman kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, kata Maman, Bunda dan Ayah jangan cuma menyuruh anak membaca tanpa mencontohkannya, ya. Sifat dasar anak itu meniru kebiasan orang tuanya. Ketika Ayah dan Bunda terbiasa membaca buku di depan anak-anak, mereka pun akan meniru. Maman juga membagikan tiga cara supaya anak suka membaca buku yaitu dengan story telling, games, dan hadiah.


[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi