parenting

Di Usia Berapa Pola Tidur Bayi Mulai Teratur?

Melly Febrida Selasa, 19 Mar 2019 16:01 WIB
Di Usia Berapa Pola Tidur Bayi Mulai Teratur?
Jakarta - Ketika menjadi orang tua baru tentunya kita ingin bayi bisa tidur nyenyak di malam hari dan bangun jauh lebih lambat dari ayah bundanya, he-he-he. Tapi, kenyataannya tak seperti harapan. Kadang, pola tidur si kecil yang baru lahir sulit ditebak ya, Bun.

Menanggapi hal ini, ahli metode Gentle Parenting, Sarah Ockwell-Smith, dalam bukunya The Gentle Sleep Book mengatakan sebelum membahas tentang tidur bayi, penting bagi orang tua mengetahui ritme sirkadian. Ini adalah siklus tidur atau bangun yang berulang selama 24 jam.

Nah, bayi tidak dilahirkan dengan ritme sirkadian, Bun. Ini menjelaskan mengapa bayi yang baru lahir tidur secara sporadis sepanjang hari dan malam. Menurut Ockwell-Smith, bayi yang baru lahir tidak memiliki konsep siang dan malam. Tubuh mereka belum mampu membedakan siang dan malam.




"Perkembangan ritme sirkadian murni biologis dan seperti perkembangan milestone yang terjadi sepanjang masa kanak-kanak alias tidak bisa diburu-buru. Ritme sirkadian bayi akan matang ketika proses perkembangan neurologis di otak bayi selesai," kata Ockwell-Smith.

Dia menambahkan, dalam 20 tahun terakhir sudah banyak ilmuwan yang meneliti ritme sirkadian dan menyimpulkan bahwa ritme sirkadian tidak muncul sampai usia delapan minggu setelah kelahiran, atau sekitar dua bulan. Namun, penelitian lebih lanjut menunjukkan ritme sirkadian belum ajeg sampai bayi berusia sekitar empat bulan.

"Oleh karena itu, di sekitar usia ini orang tua dapat mengharapkan pola tidur bayi lebih teratur karena mereka sudah bisa menunjukkan respons terhadap perbedaan malam dan siang," lanjut Ockwell-Smith.



Ilustrasi bayi tidurIlustrasi bayi tidur/ Foto: thinkstock

Sebenarnya, gimana sih pola tidur bayi? Dikutip dari buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun yang disusun Klinik Tiga Generasi, bayi baru lahir biasanya butuh waktu tidur 16 - 17 jam. Tapi, mereka bakal bangun tiap dua sampai empat jam sekali. Apalagi, bayi baru lahir umumnya menyusu tiap dua sampai tiga jam sekali ya, Bun.

Barulah, di umur 6 - 8 minggu, sebagian besar bayi mulai lebih banyak jam tidurnya di malam hari dan lebih sedikit di siang hari. Enggak heran, di usia ini anak jadi lebih sering bangun dan mengajak main atau sekadar mengoceh sambil main sendiri.

Ketika berumur 4 - 6 bulan, sebagian besar bayi akan punya kebiasaan tidur selama 8 - 12 jam di malam hari. Dan biasanya, di waktu itu bayi sudah punya jam tidurnya.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi