parenting

Waspada Tanda Serangan Jantung, Sesak Napas Seperti Robby Sugara

Asri Ediyati Kamis, 13 Jun 2019 14:00 WIB
Waspada Tanda Serangan Jantung, Sesak Napas Seperti Robby Sugara Robby Sugara/ Foto: Dok. Ist
Jakarta - Kabar duka dari dunia perfilman Indonesia, aktor kawakan Robby Sugara tutup usia pada Kamis, 13 Juni 2019. Dilansir detikcom, Robby meninggal saat perjalanan menuju rumah sakit.

Padahal, sebelumnya menurut rekan kerjanya, aktris Lydia Kandou, saat sore Robby masih beraktivitas seperti biasa. Pada malam hari, Robby mendadak sesak napas dan langsung ke rumah sakit.


"Masih becanda-becanda. Desember masih bugar. Menurut Lydia Kandou sorenya masih aktivitas seperti biasa. Makannya langsung dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dalam perjalanan," tutur Ilham Bintang, salah satu wartawan senior yang dekat dengan Robby.


Bicara soal serangan jantung, sampai saat ini penyakit tersebut masih menjadi hal yang ditakutkan banyak orang. Akan tetapi, masih banyak juga masyarakat yang belum terlalu kenal gejala dari penyakit jantung.
Waspada Tanda Serangan Jantung, Sesak Napas Seperti Robby SugaraFoto: Dok. Ist
Seperti yang disampaikan oleh dokter jantung dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA atau yang akrab disapa dr Ayu, gejala serangan jantung identik dengan rasa tertekan dan nyeri di dada dan nyeri tersebut biasanya berlangsung cukup lama, bahkan hingga 30 menit.

"Jadi kalau serangan jantung itu kita rasanya dadanya berat seperti ditindih gajah dan itu biasanya durasinya cukup lama lebih dari 5 menit, 10 menit, biasanya sampai setengah jam," terang dr Ayu dikutip dari detikcom.


dr Ayu menyarankan untuk membawa segera pasien serangan jantung ke UGD (unit gawat darurat).

"Bukan hanya nyeri dada bisa saja keluhannya, sesak napas secara tiba-tiba dan itu mesti langsung di bawa ke UGD karena kita mesti lihat, ini benar enggak serangan jantung.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi