sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Waspadai Dampak Stres Selama Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 03 May 2019 17:30 WIB
Ibu hamil rentan mengalami stres. Simak yuk ulasan lengkapnya agar tidak berdampak negatif. caption
Jakarta - Kehamilan tidak saja membawa perubahan bentuk fisik, tetapi juga menyangkut kesehatan mental, Bun. Salah satunya yang kerap mengganggu yakni risiko stres. Bunda juga pernah mengalaminya?

Hmm, stres selama kehamilan memang sulit dihindari. Berbagai hal bisa menjadi penyebabnya, dimana hal tersebut menciptakan ketidaknyamanan yang dapat mengganggu kesehatan pada akhirnya.

Melansir Marchofdimes, stres dapat membuat Bunda sulit tidur, sakit kepala, kehilangan selera makan atau malah makan berlebihan. Tak hanya itu, Bun, tingkat stres yang tinggi dan berlanjut dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seperti halnya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.


Bahayanya lagi nih, jenis stres tersebut juga dapat meningkatkan kemungkinan Bunda melahirkan bayi prematur (lahir sebelum 37 minggu kehamilan) atau bayi dengan berat lahir rendah yang berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

Bunda, Waspadai Dampak Stres Selama KehamilanDampak stres saat hamil/ Foto: iStock

Sebelum dampak serius tersebut dialami, sebaiknya Bunda melakukan tindakan preventif. Pertama, Bunda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab serangan stres menghampiri, Bun.

Stres selama kehamilan diketahui bisa terjadi karena Bunda mengalami ketidaknyamanan seperti mual, sembelit, lelah, atau sakit punggung. Selain itu, perubahan hormon juga menyebabkan perubahan suasana hati dapat menjadi pemicu stres. Serta, kekhawatiran tentang keguguran, kesehatan bayi, dan tentang bagaimana nanti menghadapi persalinan serta bagaimana menjadi orang tua juga kerap memicu stres juga lho, Bun.

Nah, Bunda perlu mewaspadai berbagai hal tersebut dan pastikan segera memiliki langkah-langkah untuk mengatasi stres yang mungkin timbul.
Bunda, Waspadai Dampak Stres Selama Kehamilan
Dampak stres selama kehamilan/ Foto: iStock

Salah satu upaya yang bisa Bunda coba yakni dengan melakukan sharing bersama ibu hamil lainnya, untuk berbagi pengalaman mengatasi masalah kehamilan serta pengasuhan. Atau, ketika Bunda sulit tidur di malam hari, Bunda dapat menuliskan keluhan Bunda di atas kertas dan lakukan pendekatan proaktif untuk menyelesaikan masalah yang Bunda hadapi. Terpenting, Bunda menemukan solusi efektif untuk permasalahan Bunda, seperti dikutip dari laman Parents.


Bunda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan prenatal yoga dimana dapat membuat Bunda tetap santai, bugar, dan sehat. Atau, lakukan saja jalan santai selama beberapa menit untuk membuat Bunda lebih rileks dan fresh.

Selamat mencoba ya, Bun!

Bunda, saksikan juga yuk cerita kehamilan Poppy Sovia di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi