parenting

Waspada Bunda, Kelelahan Bisa Picu Asma dan Maag Kambuh

Asri Ediyati Kamis, 27 Jun 2019 12:50 WIB
Waspada Bunda, Kelelahan Bisa Picu Asma dan Maag Kambuh
Jakarta - Wali Kota Tri Rismaharini diberitakan mengalami sakit asma dan maag. Dikutip dari detikcom, Kepala Dinkes Kota Surabaya Febria Racmanita mengatakan Risma mengalami drop selama di RSUD dr Soewandhi dan RSU dr Soetomo.

Fenny, sapaan akrab Febria, menuturkan Risma mulai mengeluhkan kondisinya lemas karena asma dan maag yang diidapnya kambuh. Kemudian pukul 03.30, Selasa (25/6) Risma melakukan kontrol ke RSUD dr Soewandhi.

"Jadi awalnya maag, asma kambuh dan kecapekan. Apalagi baru pulang dari luar negeri. Jadi kalau di Soewandhi itu subuh 03.30 WIB. Terus merasa lemas karena kecapekan," tutur Fenny.


Di RSUD dr Soewandhi, lanjut Fenny, Risma langsung ditempatkan di ruang Intensive Care Unit (ICU). Sebab dengan ditempat di ICU dokter dan perawat bisa menangani secara khusus kepada Risma.

Risma sendiri usai menjalani perawatan selama 16 jam di RSUD dr Soewandhi kemudian pada pukul 19.00 dirujuk ke RSU dr Soetomo. Hal itu dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari tim dokter agar bisa mendapatkan peratawan yang lebih baik lagi.

Saat ditanya penyebab, Fenny bilang Risma kelelahan dan memiliki riwayat sakit asma dan maag akut sejak lama bahkan sejak sebelum menikah.

"Ibu memang punya maag dari dulu ya. Jadi maag dan asma itu sudah lama. Ya karena aktivitas ibu terlalu tinggi dan kelelahan," kata Fenny.
Waspada Bunda, Kelelahan Bisa Picu Asma dan Maag KambuhIlustrasi sakit maag/ Foto: shutterstock
Menurut ahli pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo, Prof Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, seiring kesibukan yang makin meningkat, risiko terkena gangguan maag makin besar akibat pola makan yang tidak teratur. Maag juga bisa diakibatkan infeksi bakteri Helicobacter pylori atau efek samping konsumsi obat, yang biasanya disebut gangguan organik.

Gangguan maag yang bersifat fungsional dan organik punya gejala yang khas. Pasien biasanya mengeluh nyeri di bagian ulu hati, mual saat makan, serta tidak nafsu makan hingga terjadi penurunan berat badan.

"Nyeri patut diperhatikan bila muncul di usia lebih dari 45 tahun. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan endoskopi atau Ultrasonography (USG) untuk mengetahui bila ada gangguan maag organik," katanya dikutip dari detikcom.

Lalu, soal asma kambuh karena kelelahan, menurut Prof dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD, spesialis paru dari RS MH Thamrin, Jakarta, setiap orang memiliki faktor pencetus (kambuhnya asma) yang berbeda. Ada orang yang asmanya kambuh karena kelelahan setelah beraktivitas.

Nah, jika sudah tahu faktor pemicunya, maka bisa dilakukan antisipasi. Bunda bisa pakai obat pelega dulu sebelum melakukan aktivitas yang dirasa berat.

Simak berita selengkapnya melalui video berikut, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/aci)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi