parenting

3 Nilai Moral untuk Anak dari Film 'The Lion King'

Yuni Ayu Amida Rabu, 17 Jul 2019 08:30 WIB
3 Nilai Moral untuk Anak dari Film 'The Lion King'
Jakarta - Singa memang dikenal sebagai binatang buas dan sang penguasa hutan. Tapi lewat film The Lion King, anak-anak pasti suka dengan sosok si raja rimba ini.

Ya, Disney's kembali menghadirkan kisah animasi legendaris The Lion King. Favreau sebagai sutradara tak mengubah cerita dan hanya menambahkan dimensi, emosi, yang membuat kisah ini terasa lebih nyata.

The Lion King bercerita tentang seekor singa bernama Simba yang mengagumi ayahnya si raja hutan, Mufasa. Simba memiliki semangat untuk menjadi raja kelak saat dewasa. Namun rupanya, pamannya, Scar tidak senang dengan hal tersebut.


Ia pun berniat jahat untuk melenyapkan Mufasa dan Simba agar bisa menguasai tahta. Dengan bantuan para Hyena, Scar berhasil menjatuhkan raja dan mengusir Simba.

Tak hanya menarik dari segi visual yang sangat terasa nyata, tapi film ini juga menyimpan nilai moral yang kuat. Berikut ini beberapa pelajaran untuk anak dari kisah Simba di film The Lion King:

1. Tanggung jawab dan keberanian

Sejak Simba kecil, ayahnya selalu menanamkan soal tanggung jawab dan keberanian untuk menjaga tempat tinggal mereka. Alasan itulah yang membuat Simba memutuskan kembali ke Pride Rock setelah berkelana jauh.

Ia pun tidak merasa takut untuk menghadapi pamannya dan para Hyena, demi merebut haknya yang dirampas. Serta untuk melindungi bangsanya.

Bicara soal tanggung jawab, kata psikolog anak dari Tiga Generasi Marcelina Melissa, anak sudah bisa diajarkan bertanggung jawab sejak usia dini. Untuk memiliki tanggung jawab itu, tentunya dimulai dari hal kecil.

"Misalnya saat anak berusia 2 tahun, anak bertanggung jawab terhadap kerapihan mainannya," kata wanita yang akrab disapa Lina ini.

Dijelaskan Lina, jika tanggung jawab sudah dimiliki anak sejak kecil, maka menginjak usia pra sekolah sampai dewasa, dia sudah bisa dilatih untuk tanggung jawab yang lebih besar.

3 Nilai Moral untuk Anak dari Film 'The Lion King'Foto: The Lion King (imdb)

2. Persahabatan

Setelah diusir Scar, di tengah perjalanannya Simba bertemu dengan Pumbaa dan Timon, yang akhirnya jadi sahabat. Dari dua sahabatnya ini, Simba belajar untuk meredam dirinya dan hidup sama rata dengan hewan-hewan yang seharusnya jadi mangsanya.

"Ciri pertemanan sehat itu ada trust, respect dan grow together," kata psikolog Karina Priliani, M.Psi, dikutip dari detikcom.

Karina menjelaskan, trust artinya bisa menjaga kepercayaan yang diberikan. Respect berarti saling menghormati, tidak hanya pada orang lain tapi juga diri sendiri. Grow together artinya tumbuh bersama dalam kebaikan, jadi semua pihak saling mendukung dan menjaga.

Dalam berteman juga memerlukan komunikasi yang baik agar terhindar dari salah paham. Selain itu, mesti ada empati dan jaga intonasi, serta perhatian ekspresi wajah. Jangan pula memulai komunikasi dengan kalimat penghakiman.

"Jadi pertemanan itu penting karena bisa membangkitkan rasa bahagia, lebih bahagia dan punya teman berbagi," ujar Karina.

3 Nilai Moral untuk Anak dari Film 'The Lion King'Scar dan para Hyena /Foto: The Lion King (imdb)

3. Tidak boleh iri dan serakah

Iri dan dengki adalah sifat yang dimiliki Scar, adik Mufasa. Kedengkian membuat dia tidak terima jika keponakannya, Simba kelak diangkat jadi raja.

Ia pun menghalalkan segala cara untuk merebut tahta, sekalipun harus menghilangkan nyawa kakaknya. Tapi, keserakahan inilah yang membuatnya merasakan akibat yang tak diharapkan.

Iri dan dengki ini kadang suka terjadi dalam kehidupan kakak beradik, Bun. Dikatakan psikolog anak dari Klinik Tiga Generasi Anastasia Satriyo, M.Psi, yang akrab disapa Anas, agar si sulung dan adiknya tak saling iri, penting agar orang tua melihat apa kebutuhan anak saat itu. Sebab, masing-masing anak di usia berbeda, memiliki kebutuhan yang berbeda.

Anas mencontohkan misalnya anak usia 5 dan 3 tahun. Di usia 5 tahun, anak sudah banyak bicara, bahkan mulai sekolah. Bisa saja, kebutuhan si anak adalah ceritanya didengarkan. Sedangkan adiknya belum bisa banyak bicara, lebih senang diajak bermain.

"Dengan kata lain, kita juga mesti baca situasi mana dulu nih yang mesti di-handle," tegas Anas.


Nah, penasaran dengan kisah Simba? Bunda dan keluarga bisa menikmati keseruan film The Lion King secara keseluruhan di bioskop. Pastikan juga Ayah dan Bunda dampingi mereka saat menonton ya.

Simak pula video soal cara mengenal berbagai jenis susu ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi