parenting

Cara Membuat Anak Disiplin ala Joanna Alexandra

Yuni Ayu Amida Rabu, 14 Aug 2019 16:30 WIB
Cara Membuat Anak Disiplin ala Joanna Alexandra
Jakarta - Setiap orang tua pasti punya cara sendiri untuk mendidik anaknya. Seperti pasangan selebriti Joanna Alexandra dan Raditya Oloan Panggabean, yang memiliki empat anak.

Tentunya bukan hal mudah mendidik empat anak sekaligus. Karakter yang berbeda-beda pastinya membuat orang tua harus tahu bagaimana bersikap antara anak satu dan lainnya. Itu sebabnya, Joanna sering diskusi dengan suami tentang pola asuh anak mereka.

"Jadi, aku sama suamiku banyak diskusi, banyak ngobrol cara membesarkan anak, karena semua karakternya beda-beda," kata Joanna, dikutip dari InsertLive.


Selain itu, Joanna juga berusaha untuk mengimbangi anak-anaknya dengan belajar dari pengalaman. Hal ini, karena pengalaman bisa jadi guru terbaik dalam hidup.

"Cara mengimbanginnya, aku learning by doing sih, karena maksudnya aku enggak pernah ini kan suatu hal yang aku pelajari ya," katanya.

Sebagai ibu yang tegas, wanita 32 tahun ini juga sedang mencoba menerapkan sistem disiplin pada anak-anaknya. Di hari sekolah, anak-anaknya tidak dia izinkan untuk bermain game maupun nonton televisi.

"Jadi, untuk sementara ini, kita lagi terapin Senin sampai Jumat enggak boleh main game, nonton TV, nonton TV boleh hanya karena PR (pekerjaan rumah) sudah selesai," tutur pemain film The Tarix Jabrix 2 ini.

Cara Membuat Anak Disiplin ala Joanna AlexandraFoto: Instagram @joannaalexandra


Mendisiplinkan anak dengan membatasinya nonton TV maupun main game ini benar lho, Bun. Hal ini, karena nonton televisi terlalu lama bagi anak itu memang enggak baik.

Peneliti dari Kanada dan Amerika Serikat mengungkapkan, balita yang terlalu banyak nonton TV nantinya bisa memiliki nilai matematika yang lebih rendah daripada yang tidak. Selain itu, bisa membuatnya tidak peka terhadap sekitar.

"Hasil penelitian ini mendukung kesimpulan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa anak-anak yang terlalu dini mengenal televisi bisa mengganggu atau merusak perhatiannya," ujar seorang peneliti, Linda Pagani, dari University of Montreal, dikutip dari Reuters.

Tak hanya itu, anak-anak yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk menonton TV dibandingkan dengan bermain bersama teman-temannya, kemungkinan akan kehilangan kesempatan berharga untuk belajar keterampilan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.

Dikatakan dokter anak, Gina Posner, MD, secara umum orang tua harus membatasi waktu anak main gadget. Termasuk di dalamnya main game, nonton TV, main komputer, smartphone, dan tablet PC.

"Waktu bermain gadget tidak disarankan sama sekali untuk anak-anak yang berusia 18 bulan atau lebih muda. Tapi untuk anak-anak yang lebih tua dari 18 bulan hingga lima tahun, umumnya disarankan mereka main gadget tidak lebih dari satu jam," kata Posner.

Simak pula intimate interview dengan Joanna Alexandra ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi