mom-life

Haru, Kala Joanna Alexandra Memohon Kesembuhan Putrinya pada Tuhan

Muhayati Faridatun Jumat, 08 Feb 2019 14:57 WIB
Haru, Kala Joanna Alexandra Memohon Kesembuhan Putrinya pada Tuhan
Jakarta - Begitu tegar Joanna Alexandra menerima keadaan putri bungsunya, Ziona Eden Alexandra, yang divonis mengidap penyakit langka campomelic dysplasia (CMD). Ibu empat anak ini pun memohon kepada Tuhan agar si kecil diberikan kesembuhan.

Penyakit yang dialami Zio jadi salah satu cobaan terberat Joanna dan sang suami, Raditya Oloan Panggabean. Ia pun mengakui dan menyesali kesalahan di masa lalu yang membuatnya sadar akan kasih sayang Tuhan.

"Aku jadi semakin percaya, Tuhan nggak pernah bikin salah dalam hidup aku. Walaupun Zio punya penyakit, aku yakin Zio pasti akan sembuh pada waktunya Tuhan, terserah Tuhan," kata Joanna, saat berbincang eksklusif dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.


Seperti Bunda ketahui, semasa berpacaran, Joanna dan sang suami pernah terjerumus menggunakan narkoba. Mereka pun menikah pada 16 Juni 2007, saat Joanna masih berusia 20 tahun dan sudah mengandung.

Kehidupan mereka jalani dengan normal hingga memiliki tiga anak, Zuriel Paris Jedidiah Panggabean (11 tahun), Zeraiah Moria Phinehas Panggabean (8), dan Zoey Havilah Salajena Panggabea (3).

Setelah kelahiran Zio pada 24 Mei 2017, barulah cobaan berat itu datang. Terlahir prematur dengan detak jantung lemah, Zio tidak menangis dan kondisi kakinya bengkok. Meski sempat syok, Joanna tetap bersyukur.

"Aku mengucap syukur, berterima kasih sama Tuhan karena kasih Zio dalam kehidupan aku. Aku belajar banyak banget dari kehadiran Zio. Aku mengalami banyak hal yang menempa aku jadi ibu yang lebih baik," tuturnya.

Ziona, putri bungsu Joanna Alexandra/ Ziona, putri bungsu Joanna Alexandra/ Foto: Instagram @joannaalexandra
Demi kesembuhan Zio, Joanna rela meninggalkan dunia entertainment untuk sementara waktu. Pemeran Alice dalam film Lewat Tengah Malam ini selalu mendampingi Zio terapi tiga kali dalam seminggu di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta.

"Aku percaya, Zio pasti akan jadi anak yang tambah sehat setiap hari. Aku mau minta sama Tuhan untuk jagain Zio, jagain keluarga kecil aku supaya bisa merawat Zio dengan baik," begitu doa Joanna untuk si bungsu.

Perempuan kelahiran Jakarta, 31 tahun silam, ini pun bertekad menjalani hari dengan lebih tenang. Ia nggak mau terlalu stres memikirkan masa depan Zio. "Aku mau lebih menerima lagi keadaan Zio," imbuhnya.


Seperti diceritakan dokter dari Amerika Serikat, Leana Wen, MD, saat bertemu Catherine, seorang ibu yang memiliki anak dengan berbagai masalah kesehatan. Saat berusia satu tahun, bocah bernama Alexis itu didiagnosis mengidap 15 penyakit serius.

Catherine berjuang keras merawat Alexis, dengan segala upaya yang dilakukan demi kesembuhan sang buah hati. Alexis pun berhasil melawan penyakitnya dan kini sudah berusia enam tahun.

"Kita semua melihat, Alexis bukan kumpulan masalah tetapi sebagai kumpulan harapan. Kami tahu bahwa enam tahun setelah kelahirannya, 'A' tidak mewakili Alexis, itu singkatan dari 'Awesome' (luar biasa)," tutur Catherine, dikutip dari Psychology Today.

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi