parenting

Cara Ersa Mayori Tanamkan Kebiasaan Minum Susu ke Anak Sejak Dini

Asri Ediyati Rabu, 04 Sep 2019 09:27 WIB
Cara Ersa Mayori Tanamkan Kebiasaan Minum Susu ke Anak Sejak Dini
Jakarta - Seperti yang kita ketahui sebelumnya, susu bisa jadi pelengkap kebutuhan gizi sehari-hari. Tak terkecuali anak-anak di Indonesia, yang masih mengalami gizi kurang sebanyak 17,7 persen menurut Riskesdas 2018. Sebagai ibu, Ersa Mayori ingin anaknya tumbuh kembang dengan baik dan kebutuhan gizinya tercukupi.

Untuk itu Ersa Mayori tularkan kebiasaan minum susu ke anak-anaknya sejak dini. Diceritakan Ersa, sejak kecil ia diajarkan minum susu secara rutin. Alhasil begitu dewasa masih terbiasa minum susu. Kebiasaannya ini tak berhenti di dirinya saja karena ingin anaknya sehat.

"Sejak kecil, ibu mengajarkan saya untuk minum susu secara rutin begitu dewasa juga membiasakan minum susu karena merasakan manfaat yang besar. Selain itu kebetulan juga suami saya, Otto suka minum susu sejak kecil. Nah, kebiasaan baik itu saya turunkan ke anak. Soalnya anak kan meniru kebiasaan orang tuanya," kata Ersa Mayori di acara Peluncuran Frisian Flag Kompleta, di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

Ersa pun menanamkan kebiasaan minum susu pada kedua anaknya, Aiska Vairana dan Tallula Malaika, sedini mungkin. Diakui Ersa, ia rutin mengonsumsi minum susu di pagi hari saat sarapan, sebelum beraktivitas.
´┐╝Anak-anak Ersa Mayori tengah minum susu/ Foto: Instagram @ersamayori
Anak-anak Ersa Mayori tengah minum susuAnak-anak Ersa Mayori tengah minum susu/ Foto: Instagram @ersamayori
"Kadang pagi, Bapaknya kalau malam-malam juga minum susu tapi biasanya minta yang hangat. Mungkin karena kebiasaan dari kecil," kata Ersa.


Disebutkan Ersa, ia bukan sekadar memberikan contoh. Akan tetapi, ia menanamkan kebiasaan itu dengan membuat anak memiliki rasa ingin tahu. Menurutku anak itu paling baik untuk dicontohkan, bukan diberi tahu ini susu mengandung kalsium, vitamin segala macam. Anak kan enggak ngerti," ujarnya.

"Buat saya sih sangat efektif memberi contoh, tapi bukan yang, 'Nih Mama minum susu.' Bukan seperti itu. Akan tetapi lebih menikmati kebiasaan tersebut dan akhirnya bikin anak penasaran. Kebiasaan orang tua nantinya juga akan membuat anak menjadi ingin tahu. 'Apa sih itu? Enak enggak sih?'" sambung Ersa Mayori.

Diakui anak bungsunya Tallula, dengan kebiasaan rutin minum susu juga membuatnya lebih berkonsentrasi dan bersemangat di sekolah. Selain susu, tentu bahan pangan lainnya juga diperhatikan. Menurut Prof. Dr.Hardinsyah, MS, jangan lupa untuk seimbangkan pola makan bergizi. Jumlah sayur, daging, dan pangan pokok perlu disesuaikan dengan kondisi individu.

"Penting untuk perhatikan asupan yang mengandung zat besi, zink, vitamin A, C, B12, dan asam folat supaya mencegah anemia. Mengingat anemia masih menjadi masalah di Indonesia," kata Hardinsyah.

Simak juga video tentang berbagai macam susu yang perlu Bunda tahu.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi