parenting

Perkembangan Bayi 6 Bulan, Mulai Makan MPASI dan Duduk Sendiri

Asri Ediyati Jumat, 18 Oct 2019 17:00 WIB
Perkembangan Bayi 6 Bulan, Mulai Makan MPASI dan Duduk Sendiri caption
Jakarta - Begitu banyak yang telah terjadi saat bayi berusia enam bulan. Dari bayi yang baru lahir tak berdaya menjadi bayi berusia enam bulan yang suka tersenyum. Mengutip Very Well Family, bulan ini menjadi waktu untuk momen besar bagi bayi, seperti memulai makanan padat, mengoceh, dan duduk sendiri.

Untuk itu, yuk pelajari lebih lanjut tentang apa yang bisa dilakukan bayi pada usia 6 bulan. Berikut penjelasan lengkapnya tentang perkembangan bayi.

1. Kemampuan motorik bayi enam bulan

Bayi bisa mulai duduk sendiri setelah enam bulan. Untuk bersiap-siap, bayi pertama-tama menopang diri dengan tangan mereka, tetapi seiring waktu mereka dapat mulai melepaskan dan duduk tanpa dukungan.


Menurut Roy Benaroch, MD, anak yang berusia 6 bulan mungkin dapat berguling. Beberapa bayi dapat mendorong diri mereka sendiri di lantai menggunakan metode ini.

"Atau, mereka dapat merayap maju atau mundur, meluncur di atas perut mereka sambil mendorong ke lantai. Anda mungkin memperhatikan bayi Anda berdiri dengan berlutut dan bergoyang-goyang," tulis Benaroch dikutip dari WebMD.

2. Tidur bayi enam bulan

Sebagian besar bayi enam bulan tidur enam hingga delapan jam berturut-turut. Selain itu, sekarang bayi dapat berguling sendiri, jangan khawatir jika Bunda menidurkannya dan ia bangun dengan posisi tengkurap. Risiko SIDS jauh lebih rendah pada enam bulan daripada di beberapa bulan pertama kehidupan.

Perkembangan Bayi 6 Bulan, Mulai Makan MPASI dan Duduk SendiriPerkembangan bayi 6 bulan. (Foto: iStock)

3. Makan bayi enam bulan

Saatnya si kecil mencicipi makanan di luar ASI. Mulailah dengan bahan makan bergizi yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Saat bayi menyesuaikan dengan makanan padat (MPASI), perkenalkan buah-buahan dan sayuran satu per satu. Tunggu beberapa hari setiap kali Bunda mencoba sesuatu yang baru untuk memastikan dia tidak alergi terhadapnya.

Jika bayi tampaknya tidak menyukai makanan baru, tunggu beberapa hari dan kemudian coba lagi. Bayi juga manusia yang seleranya berubah-ubah dari satu hari ke hari berikutnya. Jangan lupa sesuaikan tekstur makanan dengan usia bayi.

4. Komunikasi bayi enam bulan

Bayi enam bulan sudah bisa tersenyum, tertawa, dan mengoceh ("ma-ma," "ba-ba"). Untuk membantunya belajar bahasa, Bunda bisa bacakan cerita bersama setiap malam.

Bayi pada usia ini mulai mengenali orang-orang dan hal-hal di sekitar mereka. Bayi akan mulai merasa nyaman dengan orang yang Bunda akrab, seperti ayah, nenek, dan kakek, serta beberapa mainan favoritnya.

"Anda mungkin melihat tanda-tanda ketakutan pertama ketika dia bersama orang asing atau dalam situasi baru," jelas Benaroch.

Simak juga video tentang jarak pandang bayi:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi