parenting

Museum Sejarah Nabi Muhammad akan Dibangun di Depok, Apa Isinya?

Asri Ediyati Senin, 28 Oct 2019 18:15 WIB
Museum Sejarah Nabi Muhammad akan Dibangun di Depok, Apa Isinya?
Jakarta - Sebagian besar Bunda yang muslim, biasanya kenalkan sosok Rasulullah pada anak melalui buku. Namun, dalam beberapa waktu yang akan datang, Bunda bisa kenalkan si kecil lebih dekat dengan sosok Rasulullah melalui museum. Ya, akan dibangun Museum Sejarah Nabi Muhammad di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkap Ketua Umum Muhammadiyah Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si. Ia berharap pembangunan museum Rasulullah yang akan dibangun di Indonesia, akan menjadi sarana untuk memperkenalkan sejarah Rasulullah sebagai nabi akhir zaman. Terutama Nabi Muhammad sebagai pembawa misi "rahmatan lil alamin" atau rahmat bagi semesta.

"Anak-anak millenial juga perlu dikenalkan perjalanan hidup Rasullullah yang kaya sejarah dan menjadi nabi di akhir zaman yang membawa misi rahmatan lil alamin," ujar Haedar Nasir dikutip dari siaran pers yang diterima HaiBunda baru-baru ini.

Menurut Haedar Nasir, pembangunan museum merupakan satu langkah strategis dan sekaligus menyambung mata rantai sejarah Nabi Muhammad dalam rangka pembangun peradaban Islam ke depan. Selain itu mengingat Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim.
Museum Sejarah Nabi Muhammad akan Dibangun di Depok, Apa Isinya?Ilustrasi pengunjung museum/ Foto: iStock
"Jadi apa yang dilakukan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk membangun Museum sejarah Rasulullah, merupakan langkah yang sangat penting untuk Indonesia. Sebab, negeri yang memiliki penduduk mayoritas muslim punya dimensi kesejarahan yang perlu terus disambung, terutama buat generasi muda dan generasi millenial," ujar Haedar Nasir.


Haedar Nasir menyambut baik rencana Dewan Masjid Indonesia untuk membangun museum Rasulullah di Cimanggis Depok. Dia juga berharap dengan adanya museum tersebut masyarakat Indonesia akan lebih mengenal sosok Rasulullah dan menjadikannya teladan.

Dalam upayanya membangun museum Rasulullah, Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin melakukan safari dengan ormas Islam dan tokoh-tokoh Islam untuk memberikan informasi mengenai rencana pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad dan Peradaban Islam di Indonesia yang berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW sejak lahir hingga wafat.

Pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad juga disambut baik oleh Ketua Umum PBNU KH. Aqil Siradj. Syafruddin juga akan bertemu dengan tokoh-tokoh agama nonmuslim lainnya karena museum tersebut juga akan menonjolkan sisi humanis Nabi Muhammad SAW dan bagaimana kehidupan Nabi Muhammad SAW tentang toleransi antar umat beragama.

Bicara soal berkunjung ke museum, ada enam manfaat yang bisa didapat anak dari berkunjung ke museum, yaitu:

1. Memupuk rasa cinta pada sejarah
2. Meningkatkan kemampuan mendengar karena biasanya akan ada tour guide yang menyampaikan sejarah dan berbagai hal tentang museum
3. Memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membandingkan dan membedakan
4. Meningkatkan perkembangan bahasa
5. Menambah rasa penasaran, imajinasi, dan kreativitas anak
6. Mendekatkan bonding dengan si pendamping anak seperti orang tua, guru, dan keluarga.

Simak juga video tentang National Gallery, museum yang wajib dikunjungi di London, Inggris:

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi