sign up SIGN UP search


parenting

Manfaat Mengajak Anak ke Festival Dongeng

Safira Raudhatul   |   Haibunda Sabtu, 03 Nov 2018 18:04 WIB
Jika Bunda pernah mengajak anak ke festival musik, gimana kalau sesekali Bunda dan Ayah mengajak si kecil ke festival dongeng? caption
Jakarta -

Bisa jadi beberapa Bunda dan Ayah pernah mengajak anak ke festival musik. Tapi, sudah pernah belum mengajak anak ke festival dongeng? Apalagi selama ini bukan nggak mungkin dongeng didengarkan anak dari orang tua di rumah.

Ketika diajak ke festival dongeng, ada manfaat yang bisa dirasakan oleh anak lho. PendongenG internasional, Richard Dian Vilar mengatakan banyak pelajaran yang bisa diambil anak dari mendengarkan cerita termasuk dari dongeng yang disampaikan, misalnya nilai moral dan tata krama dalam cerita tersebut.



"Cerita itu juga dapat mengajarkan bagaimana kita menghormati orang lain, berinteraksi dengan orang yang lebih tua dan mengajari anak tentang perdamaian, lingkungan dan kesenangan," kata Richard saat ditemui HaiBunda di Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) 2018 bertajuk 'Kisah Bahagia' di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

Ilustrasi mendongengIlustrasi mendongeng/ Foto: Grandyos Zafna

Dalam kesempatan sama, Widita Kustrini, selaku direktur FDII 2018 mengatakan dengan adanya festival dongeng diharapkan semua bisa merasakan nuansa kisah bahagia yang sesungguhnya. Kemudian, kisah bahagia yang disampaikan dalam dongeng diharapkan Widita bisa jadi pelipur rindu masyarakat termasuk anak-anak akan cerita bahagia.

"Kisah-kisah bahagia itu juga bisa kita kenalkan kepada anak-anak kita. Satu kisah dibagi, senilai satu tradisi dan melampaui generasi," ujar Widita.

Dalam gelaran FDII 2018, selain pendongeng dalam negeri juga akan tampil pendongen dari luar negeri seperti Richard yang berasal dari Filipina dan Giovana Conforta dari Italia. Acaranya gratis dan berlangsung dari jam 09.00-17.00 WIB dengan berbagai tema dongeng. Bunda hanya perlu membayar biaya masuk Museum Nasional sebesar Rp 5 ribu.


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!