parenting

Kombinasikan Montessori & Agama, TK Ini Jadi Sekolah Pilihan Anak Artis

Siti Hafadzoh Jumat, 08 Nov 2019 19:23 WIB
Kombinasikan Montessori & Agama, TK Ini Jadi Sekolah Pilihan Anak Artis
Jakarta - Memilih sekolah untuk anak adalah hal yang cukup membingungkan untuk Bunda dan Ayah. Nah, salah satu sekolah TK yang ada di daftar rekomendasi TK yang pernah HaiBunda buat adalah TK Islam Al-Ikhlas.

Berkesempatan mengunjungi langsung, tim HaiBunda melihat jika sekolah ini menyediakan ruang kelas dan tempat bermain yang nyaman. Dilengkapi dengan cara didik Islami yang dilengkapi dengan metode montessori.

Jadi, enggak cuma mengajarkan baca tulis, Bun. Tapi juga nilai-nilai agama. Kepala Sekolah TK Islam Al-Ikhlas, Dede Kurniasih mengatakan jika cucu Jusuf Kalla pernah bersekolah di sana.


Tak hanya cucu pejabat, karena artis pun tertarik untuk menyekolahkan anaknya di sini. "Itu anaknya Habib Usman dan Kartika Putri sekolah di sini," terang Dede pada HaiBunda.

Di sekolah tersebut, tingkatan pendidikan dibagi menjadi dua tingkatan kelas, yaitu TK A dan TK B.

"Kalau di TK B lebih banyak muridnya soalnya kan mereka lebih mandiri karena dari kecil kita udah latih kemandiriannya anak-anak," kata Dede.

Kombinasikan Montessori & Agama, TK Ini Jadi Sekolah Pilihan Anak Artis Kegiatan makan bersama/ Foto: Siti Hafadzoh

Ditegaskan Dede, kalau TK adalah tempat untuk mempersiapkan anak menuju sekolah dasar. Sehingga lebih difokuskan pada persiapan kognitif dan kemandirian untuk masuk fase kehidupan selanjutnya.

"Jadi kalau baca, tulis, hitung, itu nanti lebih di SD. Jadi, kita di TK itu lebih kepada persiapan. Persiapan ke arah sana, tapi anak-anak lulus dari TK Al-Ikhlas itu ya Insyaallah ke SD itu sudah siap. Jadi sudah matang. Motorik kasarnya, motorik halusnya, bahasanya, terus kemampuan dia menerima perintah dari guru juga sudah siap," tambah Dede.

Kalau kognitif anak sudah siap, anak-anak sudah bisa menerima perintah dari guru untuk mengerjakan beberapa tugas. Persiapan yang dimaksud Dede dilakukan dengan cara bermain.

Selain itu, anak-anak diajarkan nilai-nilai agama. Khususnya, tata cara ibadah. Anak diajarkan dari wudlu hingga tata cara salat.

"Itu harus bisa bacaan salat, harus bisa salat sendiri, dan tahapan-tahapan mulai dari wudlu, bacaan salat, gerakan salat itu sudah harus bisa ketika keluar dari TK," kata Fafa Susatyo, anggota Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG).

Berbeda dengan sekolah kebanyakan, TK Islam Al Ikhalas menerapkan metode montessori. Metode ini membebaskan anak untuk belajar sendiri dan bebas memilih bidang yang mereka suka, seperti permainan balok, angka, dan kata.

"Anak belajar sesuai dengan minatnya sendiri. Ada yang memilih area bahasa, ada yang milih kognitif, ada juga yang pada sains. Tergantung minat anak-anak," ujar Dede.

Kombinasikan Montessori & Agama, TK Ini Jadi Sekolah Pilihan Anak Artis Metode belajar montessori/ Foto: Siti Hafadzoh

Anak selama 30 menit tidak diganggu oleh guru. Guru tidak mengatakan mereka salah. Dengan begini, anak dibiarkan untuk belajar dari kesalahannya sendiri, Bun. Dalam metode montessori, guru hanya berperan sebagai observer.

Kata Dede, Montessori mengajarkan anak untuk fokus bekerja karena anak diminta untuk menyelesaikan tugasnya sendiri tanpa mengganggu temannya. Anak tidak diperbolehkan untuk banyak bicara ketika mengerjakan tugasnya.

Tertarik untuk mengajari si kecil dengan metode yang sama? Simak yuk ulasannya tentang montessori:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi