parenting

Nafa Islamic, Daycare Berbasis Montessori & Alquran, Berapa Biayanya?

Asri Ediyati Senin, 28 Oct 2019 14:33 WIB
Nafa Islamic, Daycare Berbasis Montessori & Alquran, Berapa Biayanya?
Jakarta - Setelah membahas sepuluh daycare di Jakarta Pusat, HaiBunda berkunjung ke salah satu daycare atau tempat penitipan anak, Nafa Islamic Daycare. Daycare ini menyatu dengan preschool. Yang menarik, daycare ini berbasis montessori, Alquran dan sunah.

Ada sedikit cerita mengenai Nafa Islamic Daycare. Empat tahun yang lalu berdiri, Nafa Islamic Daycare awalnya hanya tempat penitipan anak. Namun, menurut Irnaeni, salah satu pengajar, orang tua ingin yang lebih dari sekadar tempat penitipan anak.

"Orang tua juga ingin anak belajar, akhirnya perlahan juga ada preschool-nya," kata Irna.

Nah, untuk ulasan lebih lengkap, Bunda bisa melihat penjelasan berikut:


1. Alamat

Nafa Islamic Daycare terletak di Jalan Krida I no. 47 RT 7 RW 1, Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Bila dilihat dari lokasi dan tempat sekitarnya, daycare ini cocok buat Bunda yang bekerja di sekitar Kemayoran dan Sunter. Cocok juga buat Bunda yang tinggal di sekitar sana.

2. Program unggulan dan kegiatan

Untuk program unggulannya, karena berbasis montessori maka anak akan melakukan berbagai aktivitas yang melatih motorik kasar dan halus. Kemudian, anak juga diberi stimulasi oleh para pengajar. Anak juga mengikuti kelas bahasa dan dilatih kemandiriannya seperti pakai baju sendiri.

"Karena anak belajar montessori, sifatnya lintas usia. Jadi harapannya kakak atau anak usia lebih besar bisa mengajarkan adiknya," ujar Irna.
Ruang kelas di Nafa Islamic DaycareRuang kelas di Nafa Islamic Daycare/ Foto: Asri Ediyati
Di sela-sela aktivitas, anak akan diajarkan ilmu agama mulai salat, pengenalan huruf iqra, dan doa harian sesuai sunah Nabi. Anak juga belajar tahfidz Alquran juz 30. Nantinya anak yang hafalan Alquran akan tampil di panggung mini.

"Untuk kegiatan paginya, ada kegiatan yang melatih sensori, ada pula aktivitas montessori. Untuk kegiatan sorenya anak bermain mainan blok, atau nonton murotal. Yah, pokoknya tetap diisi kegiatan sih kalau menunggu waktu penjemputan," kata Syifa Apriliani Putri yang juga pengajar Nafa Islamic Daycare.

Lalu, setiap enam bulan sekali, peserta daycare juga ikut outing. Tempat outing-nya menyesuaikan tema pembelajaran di daycare. Kemudian setahun sekali akan ada pentas yang disaksikan orang tua. Bisa menyanyi, hafalan Alquran, dan pertunjukkan seni lainnya.

Untuk sekarang daycare dan preschool di Nafa Islamic Daycare masih menyatu. Namun akan ada rencana kalau nanti ada pemisahan, daycare sendiri dan preschool sendiri. Lalu, soal pengasuh, tiap kelas akan ada pengasuh. Biasanya satu pengasuh akan meng-handle lima anak.
Ruang tidur di Nafa Islamic DaycareRuang tidur di Nafa Islamic Daycare/ Foto: Asri Ediyati
Di Nafa Islamic Daycare, peserta dibagi beberapa kelas sesuai dengan usianya. Ada kelas, An-Naml, An-Nahl A, An-Nahl B, dan Al-Fil. Saat waktu istirahat, mereka akan tidur sesuai kelasnya, Bunda.

Nafa Islamic Daycare buka dari jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB, orang tua atau penjemput biasanya akan diberi waktu paling lama menjemput hingga jam 18.30 WIB. Akan dikenakan denda bila Bunda menjemput si kecil lewat dari waktu yang ditentukan.

3. Tempat dan fasilitas

Dari depan, daycare ini tampak seperti rumah tingkat biasa. Saat pertama kali HaiBunda berkunjung, layaknya mengunjungi rumah, pagar terkunci dan harus menekan bel. Di teras rumah, sebelum pintu masuk, ada tablet atau komputer genggam yang digunakan untuk presensi orang tua dan anak.

"Sebelum dan sesudah melakukan penjemputan, orang tua dan anak wajib presensi," kata Irna.

Saat pengantaran dan penjemputan pun harus dilakukan dengan orang yang sama. Bila penjemputan anak dilakukan oleh orang yang berbeda, orang tua wajib konfirmasi melalui via telepon dulu. Ini yang menjadi nilai plus dari daycare tersebut, keamanan anak dinomorsatukan.
Tempat presensi di Nafa Islamic SchoolTempat presensi di Nafa Islamic School/ Foto: Asri Ediyati
Nah, setelah tablet untuk presensi, jika ingin masuk ke dalam rumah kita perlu melewati pintu yang berlapis. Jadi total ada dua pintu yang perlu dilewati untuk bisa masuk ke dalam. Di ruang tengah, merupakan ruang multifungsi, namun kebanyakan diisi dengan kegiatan bermain.

"Kalau ada jadwal taekwondo setiap hari sabtu, ruangan ini dipakai untuk itu," jelas Irna.

Dari ruang tengah, di sisi sampingnya ada dapur yang digunakan menyiapkan menu makan anak. Lalu, ada pula ruang untuk tidur para peserta daycare yang masih bayi, dan ruang kelas untuk panggung mini atau hafalan Alquran.

Kemudian ada pula pintu untuk menuju lapangan dan taman belakang. Nah, sebelum ke taman, ada ruang penyimpanan atau loker yang dikhususkan untuk anak-anak yang ikuti program daycare, bukan preschool.
Ruang kelas montessori di Nafa Islamic DaycareRuang kelas montessori di Nafa Islamic Daycare/ Foto: Asri Ediyati
"Biasanya untuk anak-anak yang daycare, masuk langsung taruh baju dan perlengkapannya di dalam loker. Kemudian tas digantung. Untuk anak yang kecil biasanya dibantu pendamping, anak yang besar sudah diajarkan dan melakukannya sendiri," kata Irna.

Nah, untuk ukuran daycare, Nafa Islamic Daycare memiliki lapangan dan taman yang cukup luas. Di sini anak akan melakukan kegiatan yang masuk ke dalam program. Mulai dari melatih motorik kasar, sensori, dan olahraga.

Lalu, di lantai dua ada ruang montessori dan ruang tidur untuk peserta daycare yang lebih besar. Di ruang montessori, Bunda bisa melihat di foto, ada banyak alat peraga yang dimiliki oleh Nafa Islamic Daycare. Bisa dibilang cukup lengkap karena dari alat peraga untuk berbagai kalangan usia itu tersedia.
Lapangan dan taman belakang di Nafa Islamic DaycareLapangan dan taman belakang di Nafa Islamic Daycare/ Foto: Asri Ediyati

4. Harga

Ada perbedaan harga untuk member dan non member. Untuk member, biaya penitipan full day satu hari, untuk usia 1,5 bulan - 1,5 tahun sebesar Rp285 ribu. Kemudian untuk usia 19 bulan - 2,5 tahun sebesar Rp275 ribu, kemudian untuk usia 2,6 tahun - 3,5 tahun Rp265 ribu. Lalu, untuk usia 3,5 tahun - 6 tahun sebesar Rp 250 ribu.
Biaya tersebut sudah termasuk makan dua kali, Bunda. Lalu, biaya penitipan full day selama sebulan, untuk usia 1,5 bulan - 1,5 tahun sebesar Rp2,65 juta. Kemudian untuk usia 19 bulan - 2,5 tahun sebesar Rp2,5 juta, kemudian untuk usia 2,6 tahun - 3,5 tahun Rp2,48 juta. Lalu, untuk usia 3,5 tahun - 6 tahun sebesar Rp 2,39 juta.

Untuk biaya overtime kisarannya Rp30 ribu hingga Rp55 ribu, tergantung kondisi waktu pengantaran dan penjemputan. Lalu, untuk non member yang bersifat sementara, Bunda bisa tahu selengkapnya melalui kontak Nafa Islamic Daycare 081586602230. 

Simak juga video tentang metode montessori:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi