parenting

Youreka Kids Farm, Playground Edukatif Berkonsep Peternakan & Perkebunan

Asri Ediyati Kamis, 21 Nov 2019 19:45 WIB
Youreka Kids Farm, Playground Edukatif Berkonsep Peternakan & Perkebunan
Jakarta - Kita tahu dunia bermain adalah dunia anak-anak. Namun, sebagai orang tua milenial yang selalu cemas dengan anak-anak di masa depan, kita enggak mau anak sekadar main. Kalau perlu ada sarana pembelajarannya. Betul kan, Bunda?

Nah, jika Bunda belum memutuskan destinasi akhir pekan, bisa ke Youreka Kids Farm. Sarana belajar yang dikemas dalam bentuk playground dengan konsep peternakan dan perkebunan. Youreka Kids Farm ini terletak di lantai 3 Kuningan City, Jakarta Selatan.

Kenapa ada Youreka Kids Farm? Michael Ruly Atmadja selaku director dan juga orang tua dari satu anak pun sedikit menceritakan latar belakang berdirinya playground ini. Ia sebelumnya merasa resah karena orang tua di kota-kota besar khususnya ibukota jarang sekali ada tempat main dan belajar yang asyik.

"Kalau main di mal cuma dapat keringat, kalaupun ada cuma tempat main saja bukan belajar. Di luar negeri, anak bisa bermain dan belajar ada banyak museum, ada park. Lalu, farm di kota enggak ada. Kalau pun ada jaraknya 4-5 jam dari kota," jelas Michael di acara Soft Opening Youreka Kids Farm, Kuningan City, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2012).
Pembukaan Youreka Kids FarmPembukaan Youreka Kids Farm/ Foto: Asri Ediyati
Belum lagi menurut Michael, generasi anak kita yang lahir tahun 2011 ke atas adalah generasi alpha. Generasi yang instan, semuanya ingin serba cepat, termasuk soal makanan. Kebanyakan anak pun hanya tahu nama makanan saja tanpa tahu cara mengolahnya dari bahan dasar.


Akhirnya, didirikanlah Youreka Kids Farm, yang bisa menjadi sarana belajar dan bermain bagi anak-anak. Harapan Michael, Youreka bisa menjadi tempat untuk menambah wawasan anak Indonesia melalui bermain dan belajar seperti melatih keterampilan sensorik, motorik, sampai role play experience.

"Meningkatkan kemampuan kognitif anak, kecerdasan emosional, dan pengembangan sosial," jelas Michael.

Karena berkonsep farming, di Youreka mereka bisa bermain dan belajar mengolah bahan pangan menjadi makanan utuh. Seperti apa fasilitas dan wahana yang tersedia, simak pemaparan berikut.
Youreka Kids FarmYoureka Kids Farm/ Foto: Asri Ediyati


Zona dan fasilitas

Di kesempatan yang sama, Karina Rianti Triatmodjo selaku general manager Youreka Kids Farm menjelaskan zona dan fasilitas. Jadi di Youreka Kids Farm terbagi menjadi dua zona, peternakan dan perkebunan. Untuk peternakan di lantai satu dan perkebunan di lantai dua. Ya, playground-nya ada dua lantai, Bunda, besar banget kan?

Lalu, ada delapan field dan tujuh workshop. Delapan field yaitu, Cow Barn, Chicken Farm, Sheep Barn, Fish Pond, Tea Garden, Coconut Plantation, Corn Farm, Cocoa Tree. Lalu, tujuh workshop yaitu Cheese Factory, Sausage Deli, Fishball Kitchen, House of Tea, Coconut Milk Company, Popcorn Studio, Chocolate Factory.

Nah, anak biasanya diajak ke field dulu untuk panen bahan pangan lalu mengolahnya di workshop, Bunda. "Anak bisa membuat teh celup, bisa membuat cokelat," kata Karin.

Selain itu ada digital interactive, ada art installment area anak bisa menggambar di tembok. Lalu, ada Now I Know Corner, anak akan nonton video tentang berbagai proses pembuatan makanan. Kemudian ada multifunction room.

Di bagian depan dekat pintu masuk ada juga Youreka Store yang menjual merchandise Youreka. Enggak ketinggalan, Youreka Kids Farm punya empat maskot, yaitu anak kecil bernama Yuyu, Harimau Jawa kembar bernama Riri dan Rere, lalu ada Kaka si Jalak Bali.
Youreka Kids FarmYoureka Kids Farm/ Foto: Asri Ediyati

Tiket masuk dan member

Terdapat tiga sesi setiap hari berlaku dari Senin hingga Minggu. Sesi pertama dari jam 10.00 - 13.00, lalu sesi kedua jam 13.30 - 16.30, sesi ketiga 17.00 - 20.00. Masing-masing sesi dibatasi 150 anak saja.

Kemudian untuk harga tiket masuk, Weekdays Rp150 ribu dan Weekend Rp200 ribu per tiket. Satu tiket berlaku untuk dua orang, satu anak dan satu pendamping minimal berusia 17 tahun. Harga tiket ini berlaku hingga grand opening yaitu 5 Desember 2019.

"Untuk pembelian tiket, bisa walk in alias di tempat. Bisa juga booking jauh-jauh hari di marketplace," kata Michael.

Selama bermain dan belajar, pendamping hanya menunggu. Namun, jika anaknya terlalu muda, pendamping bisa ikut menemani di field dan workshop. Terbuka juga bagi Bunda yang ingin menjadi member.

Keuntungan yang didapat member adalah akan diinformasikan promosi, ulang tahun. Lalu, ada tambahan kelas seperti yoga class for kids, dance class for kids. Satu member berlaku selama setahun. Member bisa bebas dan gratis masuk selama setahun. Untungnya lagi, member akan tidak dihitung per jam atau tidak dibatasi sesinya.

Simak juga cara memilih playground terbaik untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi