parenting

Kata Cinta & Rayuan Bunda Saat Anak Malas Mengerjakan PR

Yuni Ayu Amida Minggu, 24 Nov 2019 13:00 WIB
Kata Cinta & Rayuan Bunda Saat Anak Malas Mengerjakan PR
Jakarta - Anak kerap malas atau menunda-nunda mengerjakan tugas sekolah atau PR-nya, Bunda? Sebelum bertindak, tentu ada baiknya kita kenali penyebabnya.

Kata psikolog pendidikan, Rahma Hastuti, ada beragam faktor yang bisa menyebabkan seseorang menunda mengerjakan tugas atau PR, ada yang berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya pribadi individu itu sendiri.


"Misalnya masalah dalam hal defisit keterampilan. Karena kurang memiliki keterampilan dalam mengerjakan tugas, maka yang bersangkutan memiliki masalah dalam hal manajemen waktu," kata Rahma.


Selain itu, ketidakmampuan dalam meregulasi diri juga menjadi dampak anak tersebut tidak merasa bahwa perilaku menunda mengerjakan tugas sekolah merupakan suatu masalah. Kepribadian yang terkait dengan minat dan motivasi juga kita berpengaruh lho.

Selain itu, untuk faktor eksternal biasanya karena hal lain, atau bisa jadi pengaruh dari orang lain. Misalnya orang lain mengajak untuk melakukan kegiatan atau aktivitas, yang dipersepsi oleh si kecil lebih menarik untuk dapat lebih dahulu dikerjakan dibandingkan lainnya.

"Sehingga anak menjadi tidak berminat ataupun kehilangan motivasi untuk mengerjakan yang lebih penting didahulukan atau urgent," papar Rahma.

Kata Cinta & Rayuan Bunda Saat Anak Malas Mengerjakan PRKata Cinta & Rayuan Bunda Saat Anak Malas Mengerjakan PR /Foto: iStock


Tentunya hal demikian tidak bisa kita biarkan berlama-lama. Nah, setelah kita tahu penyebabnya, kita juga bisa merayu anak untuk mau mengerjakan PR dengan menggunakan kata-kata seperti dikutip dari berbagai sumber ini, Bunda.

1. Kalau kamu ingin menjadi juara kelas, kamu harus bisa menyelesaikan PR dahulu.

2. Ayo kita kerjakan PR, akan Bunda bantu jelaskan kalau ada soal yang tidak kamu mengerti.

3. Kalau kamu mengerjakan PR dan berhasil jadi juara kelas, kamu akan Bunda beri hadiah.

4. Bunda percaya kamu bisa menyelesaikan PR, tapi kalau ada yang sulit Bunda siap bantu.

5. Kalau kamu lelah mengerjakan PR, tidak apa-apa istirahat dahulu saja. Nanti kamu lanjutkan lagi.

6. PR ini contoh kecil dari tanggung jawab. Dengan mengerjakan PR artinya kamu bertanggung jawab. Dan Bunda bangga punya anak yang bertanggung jawab.

Kata Cinta & Rayuan Bunda Saat Anak Malas Mengerjakan PR


Simak langkah mudah agar anak mau belajar di rumah dalam video ini,

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi