parenting

Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Makan Sendiri?

Siti Hafadzoh Selasa, 26 Nov 2019 16:22 WIB
Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Makan Sendiri?
Jakarta - Mengajarkan anak makan sendiri bagus untuk melatih kemandirian. Anak juga akan belajar mengenali tanda lapar dan kenyang. tapi, kapan anak boleh belajar makan sendiri?

"Ketika seorang anak mengendalikan makan, ia merespons isyarat alami untuk rasa lapar dan kenyang," kata Tiffani Hays, direktur nutrisi anak di John Hopkins Children's Center di Baltimore.




Mengutip Parents, anak sebenarnya mulai bisa makan sendiri ketika ia sudah bisa duduk sendiri dengan nyaman. Sekitar usia 8-12 bulan, anak akan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk makan sendiri. Antara usia 13-15 bulan, dia akan mulai menggunakan sendok, dan pada 18 bulan anak akan menggunakan peralatan makannya lebih konsisten.

Ketika anak mulai makan sendiri, Bunda harus bersiap-siap untuk selalu memerhatikannya. Selain takut tersedak, anak akan menumpahkan makanan kemana-mana. Itu hal yang wajar, Bun.

Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Makan Sendiri?Ilustrasi anak makan sendiri/ Foto: iStock

"Sebagian besar anak-anak tidak akan bisa makan sendiri tanpa menumpahkan makanan sampai usia 18-24 bulan. Banyak juga yang makan berantakan sampai usia tiga tahun," kata Dr Jaeah Chung, M.D., asisten profesor di klinik anak di Stony Brook Children's Hospital.

Bunda perlu memerhatikan makanan yang akan diberikan ke anak untuk pertama kalinya agar tidak tersedak. Selama Bunda memberikan makanan yang aman untuk anak, gusi si kecil akan mampu untuk mengunyah makanan yang lembut.

Dilansir What to Expect, makanan yang harus dihindari dari menu makan bayi adalah makanan yang tidak bisa dihancurkan di mulut, tidak bisa dihancurkan dengan gusi, atau bisa dengan mudah tertelan ke tenggorokan. Bunda perlu menghindari kacang-kacangan utuh, sayuran mentah yang keras, buah-buhan seperi apel dan anggur, dan lain-lain.

Simak penjelasan tentang ayam yang bagus untuk MPASI berikut ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi