parenting

Bayi Menolak Saat Pertama Kali Diberi MPASI, Wajarkah?

Annisa Karnesyia Sabtu, 01 Jun 2019 06:58 WIB
Bayi Menolak Saat Pertama Kali Diberi MPASI, Wajarkah?
Jakarta - Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak bisa jadi tantangan bagi beberapa ibu. Enggak jarang, anak menolak makanan yang diberikan dengan mengeluarkan lagi dari mulut atau melepeh.

Sebenarnya ini wajar kok, Bun. Anak melepeh makanan artinya sedang merespons dan belajar. Demikian disampaikan dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi, dr.Frieda Handayani, SpA(K).

Kata Frieda, anak melepeh makanan artinya mereka sedang dalam tahap belajar mengenal rasa dan tekstur makanan. Pertama mencoba MPASI, beberapa anak ada yang memang enggak langsung menyukainya.


"Pada penelitian, anak-anak bisa 10 sampai 15 kali makan makanan yang sama sebelum menyukai makanan tersebut. Responsnya dengan makan dan lepeh," ujar Frieda, dalam acara 'Bincang Gizi Bersama Danone Indonesia' di Beranda Kitchen, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan baru-baru ini.


Ilustrasi anak menolak makan/Ilustrasi bayi menolak makan MPASI/ Foto: istock

Saat anak melepeh makanannya, Bunda enggak usah khawatir dan langsung menyerah ya. Saat itu, anak sedang belajar mengenal rasa dan tekstur makanan yang dimakannya.

"Saat anak lepeh makanannya, coba terus. Biasanya 10 sampai 15 kali mencoba makanan yang sama, dalam waktu 2 minggu bisa jadi anak menyukainya," papar Frieda.


Untuk pemberian MPASI pertama, Frieda menganjurkan anak diberi ASI lebih dulu sampai anak suka dengan menu MPASI-nya.

"Hari pertama belajar makan, kasih ASI dulu. Lalu ambil sendok kecil makanan serelia yang sudah dibuat, biarkan anak mencobanya. Mungkin anak akan melepeh, saat ini dicoba sampai tiga kali, bila tidak mau hentikan," kata Frieda.

Bila anak tidak mau makan MPASI-nya, coba berikan ASI lagi. Nah, siang hari atau di waktu lainnya di hari yang sama, Bunda bisa coba lagi, sampai si kecil suka.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi