parenting

Alasan Pendidikan Sensorik Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 27 Nov 2019 17:42 WIB
Alasan Pendidikan Sensorik Penting untuk Tumbuh Kembang Anak
Jakarta - Bunda pasti tahu soal pendidikan sensorik bagi anak? Ya, salah satu materi pendidikan dalam montessori ini mengasah indra anak yakni visual, auditori, dan kinestetik.

Lantas, mengapa pendidikan sensorik penting? Menurut Emma Kristanti, Mont.Dipl, Montessori Trainer Child Care Supervisor and Consultant MMI Indonesia, pendidikan sensorik bisa membantu perkembangan alami anak dan memberi anak rasa identitas diri dan keamanan dalam lingkungan belajar.

"Setiap anak memiliki setidaknya satu indra yang dapat mereka andalkan, bahkan anak-anak berkebutuhan khusus sekalipun," ujar Emma kepada HaiBunda.


Enggak cuma itu, pendidikan sensorik juga memberi dasar anak untuk belajar secara teratur. Kata Emma, hal ini diperlukan untuk perkembangan neurologis dan fisiologis si kecil.

Ilustrasi pendidikan sensorik dalam montessoriIlustrasi pendidikan sensorik dalam montessori/ Foto: iStock
"Periode sensitif bersifat sementara, kesan indralah yang berdurasi lama. Periode sensitif bisa saja terlewati, tetapi begitu sensibilitas diperoleh, itu akan bertahan lama," imbuh Emma.

Melalui isolasi indra, penyempurnaan indra tertentu dapat dikembangkan dengan memberikan peluang terorganisir bagi anak kontak dengan lingkungan. Pendidikan sensorik menurut Emma juga bisa dijadikan persiapan pengembangan intelektual dalam pikiran yang teratur bagi anak.

Alasan Pendidikan Sensorik Penting untuk Tumbuh Kembang AnakFoto: InsertLive
Emma menambahkan, diskriminasi sensoris mengarah dari konkret ke abstrak, menumbuhkan konsentrasi dan keterampilan berpikir, yang mengembangkan pikiran matematika. Dengan pendidikan sensorik, secara enggak langsung orang tua atau pendidik memberi peluang untuk pengembangan bahasa dan memperkuat keterampilan motorik halus untuk kegiatan menulis di masa depan.

"Ini didasarkan pada urutan pembelajaran logis, mulai dari yang konkret ke abstrak. Lalu mengembangkan kekuatan pengamatan seperti perhatian dan konsentrasi, mempromosikan pendidikan otomatis atau belajar mandiri, serta memberikan kenikmatan estetika," papar Emma.

Bunda mau tahu lebih jauh soal montessori dan praktiknya pada anak? Yuk, langsung ikutan HaiBunda Squad kali ini. Mengusung tema HaiBunda Squad Amazing Day at The Beach, Bunda dan si kecil akan kami ajak main sambil belajar dengan metode montessori.

Sehingga, kemampuan sensoriknya bisa terasah. Acara ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 30 November 2019
Waktu: 09.00 - 12.00 WIB
Tempat: Unique Meeting Room, Hotel Harris Tebet
Harga tiket: Rp. 295.000. Sudah termasuk makan siang dan goodie bag.

Mekanisme:
- Login menggunakan akun detikID. Jika belum punya akun detikID, daftar di sini.
- Isi pendaftaran acara di sini.

Syarat dan ketentuan:
- Bunda usia 20-38 tahun
- Si kecil usia 1-5 tahun (di luar umur sesuai ketentuan tidak bisa ikut berkegiatan dan harus berada di luar ruangan walaupun sudah membayar)
- Memiliki detikID
- Tiket tidak bisa refund
- Tiket berlaku untuk 2 pax, Bunda dan si kecil
- Fasilitas acara hanya diberikan untuk Bunda dan anak

Tunggu apa lagi, Bun. Yuk, langsung daftar dan kita main sambil belajar bareng si kecil di HaiBunda Squad Amazing Day at The Beach yang didukung oleh Modern Montessori Internasional.

Sampai ketemu ya, Bunda.

Simak manfaat anak main di playground umum di video berikut. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi