parenting

5 Cara Hadapi Anak yang Dirawat di Rumah Sakit, Perhatikan Kondisinya Si Kecil Bun

Mutiara Putri   |   HaiBunda

Jumat, 08 Sep 2023 20:30 WIB

Jakarta -

Bunda mungkin tidak akan merasa tenang saat anak dirawat di rumah sakit. Karena itu, Bunda perlu tahu berbagai macam hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi kondisi ini.

Anak-anak yang dirawat di rumah sakit umumnya memiliki rasa takut dan kecemasan yang meningkat. Tak hanya itu, mereka juga akan merasa stres dengan kondisinya.

Menurut dokter spesialis anestesi, dr. Vannesi T. Silalahi SpAn, M.Sc, KIC, kehadiran Bunda dan keluarga akan mempercepat kesembuhan Si Kecil yang sedang dirawat. Nantinya, mereka akan merasa nyaman dan lebih tenang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Psikologi dan komunikasi yang baik dari keluarga sangat bisa membuat pasien cepat sembuh. Kalau keluarga bisa membuat pasien merasa nyaman, pasien akan lebih tenang, dan ini yang dokter harapkan," ungkapnya dalam acara seminarĀ 'Peran Nakes dan Keluarga dalam Mewujudkan Tata Laksana Penggunaan Antimikroba yang Bijak & Rasional di ICU: Tepat Waktu, Tepat Pasien, Tepat Guna', Rabu (6/9/2023).

Tak hanya itu, Bunda juga harus aktif bertanya kepada tenaga kesehatan, ya. Hal ini dilakukan agar Bunda mendapatkan informasi terbaru terkait kondisi Si Kecil.

Tips menghadapi anak yang dirawat di rumah sakit

Selain berkomunikasi dan terus berada di samping Si Kecil, ada pula beberapa hal yang bisa Bunda lakukan saat menghadapi anak yang dirawat di rumah sakit. Berikut deretannya melansir dari laman Parents:

1. Perhatikan kondisi anak

Sangat mudah merasa terintimidasi ketika Bunda dikelilingi oleh dokter spesialis di rumah sakit saat anak dirawat. Namun, Bunda yang paling mengetahui bagaimana kondisi Si Kecil.

Bunda yang lebih tahu seperti apa nafsu makan, tingkat energi, serta kebiasaan tidur anak saat keadaan normal. Sayangnya, hal ini mungkin akan sulit dilakukan untuk Bunda baru dengan bayi baru lahir.

2. Ajukan banyak pertanyaan

Dokter harus bersedia menjawab berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh Bunda tentang kondisi anak. Jika dokter menjelaskan kondisi anak dengan istilah medis yang sulit dipahami, minta dokter untuk menerjemahkannya ya, Bunda.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretan tips lainnya, ya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT