parenting

5 Taman Indah Ramah Anak di Jagakarsa, Cocok untuk Tempat Wisata Keluarga

Asri Ediyati Sabtu, 30 Nov 2019 10:42 WIB
5 Taman Indah Ramah Anak di Jagakarsa, Cocok untuk Tempat Wisata Keluarga
Jakarta - Bermain di taman memberikan manfaat bagi kesehatan baik untuk orang dewasa dan anak-anak. Dijelaskan psikologi sosial Dr.Juneman Abraham, beraktivitas di taman terbuka hijau sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental, terutama pada anak-anak. Junaeman mengingatkan kita perlu memperhatikan lagi taman seperti apa ya yang ideal dijadikan tempat beraktivitas bareng keluarga.

Ciri-ciri taman yang baik adalah yang memiliki rancangan lingkungan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang sosial-ekonomi yang beragam.


"Taman yang baik juga seharusnya bisa menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga dan pengguna serta menunjang berbagai kegiatan di lingkungan sekitar," kata Juneman.


Nah, berikut ini lima taman indah ramah anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Bunda bisa jadikan taman-taman ini sebagai pilihan tempat wisata keluarga akhir pekan.

1. Taman Spatodhea
5 Taman Indah Ramah Anak di Jagakarsa, Cocok untuk Tempat Wisata KeluargaFoto: Muhammad Catur Nugraha/d'Traveler

Taman Spathodea adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jalan Kebagusan Raya. Taman Spathodea di Jagakarsa ini bisa dibilang tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun saat liburan.

Mengutip laman resmi Dinas Pariwisata DKI Jakarta, yang menjadi daya tarik Taman Spathodea yaitu memiliki banyak jenis tanaman yang ditanam, baik pepohonan dan bunga-bunga yang menghiasi area taman. Ada danau kecil yang berada ditengah taman akan membuat nyaman pengunjung.

Banyak fasilitas umum juga tersedia di Taman Spathodea seperti misalnya lintasan jogging, kolam ikan, outdoor gym, taman bermain untuk anak-anak, toilet, parkiran yang cukup luas dan tempat duduk yang cukup nyaman. Taman Spathodea ini hanya buka mulai pukul 05.00 - 18.00 WIB jadi kalau sudah mulai malam taman ini akan ditutup untuk umum.

2. Taman Jagakarsa
Taman JagakarsaTaman Jagakarsa/ Foto: Nurvita

Taman Jagakarsa berada di Jalan H Mahjur Gang 100, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman Jagakarsa baru selesai dibangun pada akhir Desember 2015 lalu.

Dilansir detikcom, lokasinya berada di belakang pemukiman warga, dekat Sungai Ciliwung. Untuk masuk ke taman ini, ada tangga menurun yang agak mirip dengan Taman Barito di Jaksel.

Di taman seluas 5.981 meter persegi ini ada fasilitas olahraga, tempat bermain anak, jalur refleksi kaki, toilet, lapangan basket, dan tempat sampah. Di sisi kiri dan kanan taman dipagari pepohonan nan rindang yang membuat suasana terasa teduh.

3. Taman Tabebuya
Taman TabebuyaTaman Tabebuya/ Foto: Eko Susanto/detikcom

Taman Tabebuya merupakan sebuah taman yang memiliki luas 9.626 meter persegi dan diresmikan pada tahun 2011. Lokasi Taman Tabebuya sendiri berada di Jl.Moh Kafi No.1 Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Taman ini memiliki pedestrian yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk aktivitas olahraga. Taman Tabebuya sendiri juga memiliki gazebo yang dapat digunakan untuk masyarakat untuk duduk santai dan berteduh.

Dinamakan Taman Tabebuya karena sesuai tanaman atau pohon yang ditanam ditempat ini. Ya, pohon Tabebuya yang berasal dari Brazil ini menjadi pohon yang menghiasi sekitar taman. Keunikan pohon Tabebuya adalah bunganya yang berwarna merah muda layaknya bunga sakura. Namun, bunga tabebuya hanya mekar pada waktu tertentu saja, biasanya pada pertengahan sampai akhir musim penghujan.

4. Dadap merah
Taman Dadap MerahTaman Dadap Merah/ Foto: (Muhammad Catur Nugraha/d'Traveler)

Taman Dadap Merah berlokasi di Jalan Kebagusan Dalam I, Jakarta Selatan. Enggak seperti Taman Tabebuya dan Taman Spathodea yang berada di tepi jalan raya. Taman ini berada di lingkungan perumahan.

Jadi, Bunda disarankan membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke sini atau bisa juga naik angkutan umum, lalu berjalan sedikit untuk tiba di pintu masuk Taman Dadap Merah.

Taman Dadap Merah memiliki luas 20 ribu meter persegi. Keunikan taman ini adalah adanya aliran sungai yang membelah dan masuk ke danau yang ada di dalam taman. Berbagai fasilitas tersedia di taman seperti footpath yang bisa dijadikan sebagai lintasan untuk jogging atau sekadar santai sepanjang 500 meter, plaza, dan area bermain anak-anak.

Pengunjung umumnya datang untuk berolahraga, berjalan santai, dan banyak juga yang membawa serta anaknya bermain ke taman ini. Taman Dadap Merah menjadi favorit warga sebab taman ini begitu sejuk dan asri.

5. Taman Matoa
Taman MatoaTaman Matoa/ Foto: Facebook

Taman Matoa ini berlokasi di Jalan Rambutan I No. 2 RT 01 RW 02 Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620. Jika Bunda ingin mencari patokannya, taman ini tepat berada di belakang Kelurahan Jagakarsa. Taman Matoa ini merupakan RPTRA atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak.

Taman Matoa ini cocok buat Bunda yang membawa anak-anak usia TK dan SD, sebab banyak permainan di sana. Selain itu ada lapangan bulu tangkis dan voli, serta jogging trail. Bunda enggak perlu takut kepanasan karena banyak pepohonan di area taman terutama jogging trail.

Yang tak kalah menarik, tersedia pula taman bacaan untuk si kecil. Taman Matoa juga sering digunakan untuk acara-acara karena memiliki aula terbuka. Bagaimana, Bunda tertarik untuk mengunjunginya?

5 Taman Indah Ramah Anak di Jagakarsa, Cocok untuk Tempat Wisata Keluarga

Simak juga manfaat anak bermain di taman melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi