sign up SIGN UP search


parenting

5 Minuman Alami yang Bantu Redakan Flu pada Anak

Siti Hafadzoh Kamis, 09 Jan 2020 13:01 WIB
Apakah anak sedang sakit flu? Jangan langsung diberikan obat berbahan kimia ya. Bunda bisa coba memberikan minuman alami ini dulu untuk meredakan flu pada anak. caption
Jakarta - Flu rentan menyerang saat pergantian musim seperti saat ini. Tidak cuma orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami sakit flu ketika cuaca tak menentu, Bun.

Ketika flu melanda, biasanya anak-anak akan sulit tidur karena lendir memenuhi saluran pernapasan. Beberapa di antara Bunda seringkali memilih memberikan obat untuk meringankan gejala flu anak.


Namun, ternyata langsung memberikan obat-obatan kimia kepada anak tidak direkomendasikan lho, Bunda. Lebih disarankan untuk mencoba pengobatan dari bahan alami dulu nih.


"Obat-obatan yang dijual bebas tidak benar-benar direkomendasikan untuk anak-anak. Tidak ada bukti bahwa obat itu bekerja, dan mereka dapat memiliki efek samping yang berbahaya," kata Hoda Mankal, seorang perawat di Ottawa dikutip dari Today's Parent.

Bunda bisa kok memberikan beberapa minuman untuk meredakan flu anak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima minuman yang dapat membantu meredakan flu anak.

1. Teh jahe

Teh jahe adalah minuman andalan para penyanyi, untuk menenangkan tenggorokan mereka. Selain menghangatkan tubuh, teh jahe juga punya fungsi lain lho. Bahan aktif yang ada di teh jahe menjadi anti-inflamasi yang menghambat mikroorganisme penyebab infeksi.

2. Teh hangat dengan madu dan lemon

Madu ternyata punya manfaat untuk mengobati gejala pilek, seperti sakit tenggorokan. Minum madu sebelum tidur dapat mengurangi gejala pilek pada anak di atas 1 tahun.

Bunda bisa campurkan madu ke dalam minuman seperti teh hangat dengan lemon. Buat teh hitam atau hijau yang tidak terlalu pekat. Tambahkan satu sendok teh madu dan beberapa irisan lemon.

Perlu diingat, jangan masukkan madu dan lemon ke air yang terlalu panas. Ini berguna untuk menjaga nutrisinya agar tidak menguap saat panas.

5 Minuman Alami yang Bantu Redakan Flu pada AnakIlustrasi teh jahe lemon/ Foto: iStock
3 . Susu hangat

Jika pilek disertai dengan batuk, susu hangat bisa membantu, Bun. Susu hangat dapat meringankan dahak yang ada di tenggorokan.

4. Teh jahe dan lemon

Teh jahe dan lemon sangat cocok diminum ketika cuaca sedang dingin. Minuman ini akan memperkuat sistem kekebalan tubuh anak lho.

Cara membuatnya, campur 1 sendok makan madu, 1 sendok makan perasan lemon, 1/2 sendok teh jahe cincang, dan sejumput kayu manis ke dalam satu gelas air panas. Bunda juga bisa menambahkan beberapa daun mint.


5. Teh chamomile

Bunga chamomile kering telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu kesulitan tidur. Flavonoid yang ada dalam bunga ini memiliki efek tenang.

Chamomile merupakan salah satu anti-inflamasi ringan. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok teh chamomile kering ke dalam 1 gelas air panas. Diamkan selama 20 menit, kemudian tiriskan. Minum 1/3 cangkir 3 kali sehari sebelum makan. Bunda juga bisa menambahkan madu supaya rasanya manis.

Bunda, simak resep teh yang menyegarkan berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi