sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips Membuat Anak Suka Minum Air Putih

Siti Hafadzoh Senin, 23 Dec 2019 14:19 WIB
Beberapa anak sulit untuk diajak minum air putih. Padahal, orang tua khawatir kalau mereka kurang minum. Ikuti 5 tips ini yuk supaya anak mau minum air putih. caption
Jakarta - Terkadang, anak-anak sulit untuk disuruh minum air putih. Padahal, kalau kurang minum air putih mereka bisa terkena dehidrasi. Bagaimana tips supaya anak mau minum air putih?

Sebelumnya, kita harus tahu dulu nih, Bun, penyebab anak tidak mau minum air putih. Beberapa anak tidak suka dengan rasa air putih yang tawar. Sebagian lagi tidak tahu bagaimana pentingnya air putih untuk tubuh mereka.


"Dari sudut pandang pediatrik, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendorong anak mau minum air putih. Para ahli mengatakan orang tua dapat membantu meningkatkan air yang diminum anak-anak mereka," kata Linda Friehling, MD, seorang dokter anak di West Virginia University dikutip dari WebMD.


Apa saja hal yang bisa orang tua lakukan supaya anak mau minum air putih? Nah, berikut tips supaya anak mau minum air putih yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

1. Jadikan kebiasaan

Cara terbaik supaya anak mau minum air putih adalah dengan mempraktikkannya di rumah sejak usia dini. Kebiasaan ini bahkan bisa ditanamkan sejak mereka mulai menerima MPASI lho, Bun.

"Orang tua menyediakan air putih rangkaian dari waktu makan dan istirahat," kata Friehling.

2. Simpan air di wadah yang menarik

Bunda bisa menyimpan air putih untuk si kecil di gelas atau botol bergambar karakter yang disukai anak. Anak-anak mungkin akan lebih semangat untuk minum air nih, Bun. Dengan menyimpannya di botol, anak juga bisa meminumnya kapan pun.

5 Tips Membuat Anak Suka Minum Air PutihAnak minum air putih/ Foto: iStock

3. Sediakan air ketika anak haus

Pastikan air selalu tersedia ketika anak merasa haus. Jangan lupa, jelaskan ke anak bahwa air putih adalah pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan haus.

4. Tambahkan irisan buah

Kalau anak tidak suka dengan rasanya yang tawar, Bunda bisa nih sesekali ajak anak berkreasi dengan air putih. Ajak anak untuk memilih buah-buahan yang mereka suka.

Bunda bisa memasukkan irisan buah-buahan tersebut ke dalam air putih. Pilihan lainnya, memasukkan buah beku ke dalam air. Ini akan membuat rasa air putih akan berbeda, Bun.

5. Menjadi contoh untuk anak.

Orang tua dan orang lain yang mengasuh si kecil, harus memerhatikan apa yang mereka minum. Terutama apa yang mereka minum di depan anak. Anak-anak akan meniru kebiasaan yang orang tuanya lakukan lho.

Bunda, ternyata terlalu banyak minum air putih juga berbahaya lho. Simak penjelasannya di video ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!